Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

Kurangi Keriput - Kesehatan Wanita

Kerutan di wajah tentunya tidak dapat anda hindari kemunculannya, seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia tentunya tanda-tanda penuaan yang jelas nampak pada wajah anda seperti kerutan ini pastinya akan muncul pada daerah tertentu di beberapa bagian wajah anda. Namun tentunya anda dapat mengurangi atau menghambat kerutan pada wajah terlebih kerutan yang diakibatkan oleh penuaan dini yang disebabkan dari kesalahan penggunaan ataupun perawatan wajah anda sebelumnya yang juga dapat menimbulkan kerutan dini ini.Mengurangi keriput yang mulai muncul di wajah ternyata tak harus selalu menggunakan cara-cara yang mahal seperti botox, suntik vitamin C, atau bahkan operasi plastik.

a. Perbaiki Pola Tidur
Tidur pada malam hari pada posisi tertentu dapat mengukir garis kerutan tersendiri. Tidur menyamping akan mengarah ke kerutan di pipi dan dagu. Sementara, tidur telungkup membuat kening berkerut. Untuk mengurangi keriput, cobalah tidur telentang, biarkan Anda tidur dengan punggung Anda. Hal yang sama bisa terjadi ketika Anda menyipitkan mata berulang-ulang karena tidak bisa membaca jarak dekat, segera pakai kacamata baca. Berusaha membaca huruf demi huruf dengan menyipitkan mata, tentunya akan menyeringat otot wajah, membentuk garis di bawah permukaan kulit.

b. Gunakan Krim Wajah
Untuk perawatan luar, gunakan krim wajah yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids). Asam alaminya mengangkat lapisan atas sel-sel kulit mati, mengurangi munculnya pori-pori, garis-garis halus, dan kerutan permukaan, terutama disekitar mata. AHA juga dapat meningkatkan produksi kolagen. Menggunakan AHA dapat membuat kulit lebih sensitive terhadap sinar matahari, maka jangan lupa untuk memakai tabir surya setiap hari. Krim vitamin C juga sangat baik untuk kulit. Beberapa studi telah menemukan bahwa krim dengan vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari kerusakan sinar UVA dan UVB, membantu mengurangi vlek, dan warna kulit tidak merata serta mengurangi kemerahan.

c. Pola Makan Sehat
Perawatan dari dalam sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Pilih makanan yang baik untuk kulit, seperti ikan salmon. Salmon atau ikan air dingin lainnya merupakan sumber protein. Salmon juga kaya omega 3, asam lemak yang bagus untuk kulit. Para ahli menyebutkan, asam lemak esensial dapat menyehatkan dan membuat kulit tetap kencang. Makanan atau minuman yang berbahan kedelai juga mampu membantu memperbaiki penampilan kulit, bahkan melindunginya.
Selada air mengandung lebih banyak vitamin C dibanding jeruk. Bahkan, sayuran ini juga memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin A empat kali lebih besar daripada apel, tomat dan brokoli. Ingin kulit tetap cantik dan terlihat lebih kencang? Rajinlah makan selada air!

d. Berolah raga
Berolahraga paling tidak sedikitnya 3 kali dalam seminggu hal ini bertujuan agar aliran darah yang berisi nutrisi dan vitamin dalam tubuh akan mampu mancapai kebagian kulit dengan baik dan lebih efektif sangat bagus untuk mencegah penuaan dan juga kulit keriput

e. Mengkonsumsi air putih
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa air putih memiliki banyak sekali manfaat diantaranya adalah agar kulit anda terlihat indah dan lembab. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas sehari.
f. Berhenti Merokok
Hindari rokok dan minuman ber-alkhohol. Keduanya terbukti mempercepat proses penuaan dan memicu munculnya keriput lebih cepat. Jika saat ini anda merokok dan atau minum, usahakan segera mengurangi, dan akan lebih baik jika berhenti.

g. Mengatur Nafas
Penelitian menunjukkan saat tubuh stres, bahan kimia di kulit dilepaskan dan menyebabkan peradangan. Pada gilirannya akan mempercepat proses penuaan kulit. Peneliti menemukan cara santai untuk mengikis molekul stres sekaligus mengikis keriput halus di wajah
Bernapas terburu-buru membuat tubuh stres, ditandai dengan antara lain denyut jantung dan tekanan darah meningkat. “Menarik napas panjang menghentikan ujung saraf menembakkan neuropeptida yang merusak,” kata Susan Blum, MD, asisten profesor klinis kedokteran di Mount Sinai School of Medicine di New York City. Untuk memperlambat penuaan, tarik napas panjang dan tahan di perut, lalu buang perlahan. Lakukan beberapa kali untuk menenangkan diri.

h. Cuci Wajah Saat Tiba di Rumah
Sebagian besar wanita melewatkan perawatan kulit termasuk mencuci muka saat lelah dan stres. “Menjadikan ini sebagai rutinitas benar-benar membantu wanita mencegah munculnya keriput,” kata Jessica Wu, MD, asisten profesor klinis dermatologi di University of Southern California dan penulis “Feed Your Face”.

i. Berhubungan Seks
Hubungan intim dan bermesraan dengan pasangan akan melepaskan endorfin yang melindungi kolagen kulit serta oksitosin, yang menurunkan kimia stres, kortisol.

Namun sangat menjadi problem bagi pria yang sudah lanjut untuk melakukan seks, kurangnya daya gairah sek menjadikan mereka minder. Jika begitu Anda bisa membaca cara meningkatkan gairah seks laki-laki, agar Anda tidak minder dengan pasangan Anda.

Yoga dapat menenangkan saraf, meski tak dilakukan selama 90 menit. “Bukan tentang berapa lama Anda berolahraga dan melakukannya secara teratur. Yang dibutuhkan adalah melatih tubuh agar dapat bersantai dengan cepat,” ungkap Blum.
Yoga juga dapat mengontrol gairah seks. Yoga selama 10 menit lima kali seminggu bisa menurunkan kadar kortisol. Meditasi 10 menit, dengan mata terpejam, menarik napas dalam dan merilekskan tubuh sambil mengulangi frase menenangkan seperti ‘aku merasa damai’ akan mengurangi neuropeptida yang mempercepat munculnya kerutan di wajah.

j. Pijatan
Pijatan selama lima menit pada area yang tepat di kulit wajah membuat kulit mengencang instan. “Anda harus memijat kelenjar getah bening untuk mengalirkan air yang menyebabkan pembengkakan di wajah,” kata Joanna Vargaz, pemilik salon di New York City, yang memiliki klien termasuk Rachel Weisz dan Sofia Coppola.

Caranya, satukan jari telunjuk dan jari tengah di masing-masing tangan. Kemudian, di mulai dari bawah telinga, pijat perlahan dengan gerakan memutar ke arah bawah leher hingga menyentuh tulang leher, Ulangi lima kali.

Selanjutnya, lakukan gerakan yang sama dimulai dari dagu kemudian ke bawah tulang rahang dan ke arah telinga. Ulangi sebanyak lima kali. Jika bagian bawah mata bengkak, pijat lembut dimulai dari sudut dalam ke arah luar, lalu dari pelipis ke sisi wajah.

Selamat Mencoba

2,085 total views, 8 views today