Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

PENGUKURAN KALIBRASI ALAT KESEHATAN RS RST

Bogor, Selasa – Saat ini RS Rumah Sehat Terpadu (RST) sedang peningkatan mutu dan efektifitas dalam pelayanan serta keselamatan terhadap pasien (patient safety) dari penggunaan peralatan kesehatan yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan keamanan, karena hal itu  sudah menjadi tuntutan dan kehendak masyarakat, karenanya dibutuhkan suatu program pemeliharaan dan kalibrasi peralatan kesehatan secara periodic / berkala dan berkesinambungan. Ini diperlukan untuk menjamin dan menjaga performance peralatan serta dapat diketahui kebenaran nilai keluarannya atau kinerjanya, siap dan layak pakai serta aman bagi pasien dan pengguna.

Alat-alat kesehatan wajib dikalibrasi (penyetaraan standar) setidaknya setahun sekali. Pengujian, kalibrasi dan pengukuran paparan radiasi tersebut agar kinerja alat dan kesehatan pemakai terjamin. “Setiap pengadaan alat barupun juga wajib diuji dan dikalibrasi.” ujar Dwi selaku maintenance ALKES RST.

Kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

Menurut Dwi, “pengujian kali ini  sementara hanya dilakukan untuk beberapa alat kesehatan seperti, tensimeter sebanyak 17 Unit dan x-ray dilakukan pihak RST dengan pihak donasi vendor GSM divisi kalibrasi oleh PT.Global Promedica Service”. (Author mfr)

3,330 total views, 3 views today