Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

KISTA GANGLION

RST Healt News – Ganglion atau biasa disebut kista ganglion adalah benjolan berisi cairan (biasanya berupa cairan yang terkandung dalam sendi atau protein) yang paling sering berkembang di sepanjang otot atau sendi pada pergelangan tangan atau tangan dan kaki. Kista ganglion dapat berupa kista tunggal atau multipel (bersekat-sekat).

Penyakit ini dapat timbul secara tiba-tiba atau bertahap dari waktu ke waktu. Penyebab pastinya belum diketahui, namun didapati bahwa kista tersebut tumbuh dari sendi dan tampaknya terjadi jika jaringan yang mengelilingi sendi atau otot keluar dari tempat yang seharusnya, bisa diakibatkan oleh trauma, proses penuaan, dan bisa terjadi tanpa penyebab khusus.

Kurang lebih 15% kasus kista ganglion terjadi pada usia di bawah 21 tahun, sementara 70% terjadi pada dekade kedua dan keempat kehidupan, dengan jumlah penderita perempuan tiga kali lebih banyak dari laki-laki. Tidak ditemukan predileksi antara tangan kanan dan kiri. Tampaknya pekerjaan tidak meningkatkan risiko timbulnya ganglion, namun ada yang mengatakan bahwa ganglion banyak ditemukan pada pesenam, dimana terjadi tekanan yang besar pada pergelangan tangan.

Gejala kista ganglion umumnya adalah:

  1. Benjolan yang membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari
  2. Berisi cairan (diketahui dari perabaan benjolan yang terasa bulat, kenyal, dan halus)
  3. Ukuran kista bergantung pada tingkat aktivitas sendi, dimana kista akan menjadi lebih besar ketika sering menggerakkan sendi yang terkena dan lebih kecil jika sendi banyak diistirahatkan
  4. Biasanya tidak sakit, meskipun dalam beberapa kasus kista dapat menyebabkan tekanan pada saraf dekat sendi, yang dapat menyebabkan rasa sakit, kelemahan, atau mati rasa.
  5. Dalam beberapa kasus, kista tidak menimbulkan benjolan, (hidden ganglion cysts/occult ganglion, biasanya menyebabkan rasa sakit. Konfirmasi diagnosis kista ganglion jenis ini dilakukan dengan pemeriksan penujang USG atau MRI.

Kista ganglion sering tidak berbahaya dan tidak sakit, sehingga tidak membutuhkan tatalaksana. Dalam banyak kasus, lebih baik kista diobservasi saja sebelum menetukan pilihan tatalaksana, karena kista ganglion dapat sembuh sendiri. Pengobatan untuk kista ganglion biasanya dilakukan karena sakit atau gangguan dengan gerakan sendi atau karena masalah kosmetik. Beberapa pilihan pengobatan kista ganglion yang dapat direkomendasikan, antara lain:

1. Imobilisasi

Karena aktivitas sendi dapat membuat kista ganglion tumbuh lebih besar, dokter dapat merekomendasikan memakai balutan atau pembebat pada pergelangan tangan untuk imobilisasi daerah tersebut untuk membantu daerah yang terkena untuk beristirahat, sehingga dapat membantu mengecilkan kista. Ketika kista menyusut, maka dapat mengurangi tekanan pada saraf, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit.

2. Aspirasi

Dalam aspirasi, dokter akan menguras cairan dari kista. Setelah dilakukan pembiusan lokal, dokter akan menusuk kista dengan jarum dan mengambil cairan dari dalam kista dengan jarum suntik. Dokter mungkin menyarankan suntikan steroid ke kista yang kosong setelah aspirasi. Setelah aspirasi, sebanyak 60% dari kista ganglion masih dapat kambuh, dan akan dilakukan aspirasi ulang atau dipertimbangkan untuk dilakukan operasi.

3. Operasi

Jika memiliki rasa sakit yang signifikan atau kesulitan dengan gerakan sendi, atau jika pengobatan lainnya tidak bekerja, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat kista ganglion.

Dalam kebanyakan kasus, dokter melakukan operasi pada pasien tanpa membutuhkan rawat inap. Sehingga setelah operasi pasien dapat langsung pulang.

Keberadaan kista ganglion dapat mengakibatkan berbagai komplikasi. Komplikasi utama adalah keterbatasan gerak pada sendi yang terkena. Selain itu, mungkin terjadi komplikasi setelah tindakan operasi, milsanya risiko infeksi, keterbatasan gerak post operasi, kerusakan serabut saraf atau pembuluh darah.

Disusun oleh dr. Yahmin Setiawan, MARS (Direktur RST Dompet Dhuafa)

2,563 total views, 2 views today