Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

SATU KELUARGA JIUNG MENDERITA KUSTA, DITANGANI LANGSUNG OLEH RST DD

RST NEWS – Satu keluarga terdiri dari bapak, isteri serta tiga anaknya yang mereka merupakan warga Kampung Salimah RT 001 RW 001 Desa Gintung Cileget, Parung panjang, Kabupaten Bogor terjangkit penyakit kusta. Jiung (48 tahun), sang ayah telah menderita penyakit ini sejak sekitar dua tahun lalu.

“Selain Jiung, keluarga lainnya menderita Kusta, tiga anaknya Irfan (13) dan Aprijal (7) Iqbal (3 bulan) serta isteri Jiung yang bernama Sumaryah pun mulai terjangkit kusta sekitar satu tahun terakhir. Aprijal positif menderita jenis kusta basah yang sudah menggerogoti kulitnya sejak sekitar tujuh bulan lalu” Kata Dessy Supriharti, relawan di Bogor Barat yang akrab dipanggil Buk Uun.

Warga sekitar rumah Jiung hanya mengetahui penyakit tersebut adalah penyakit kulit. Ketidaktahuan mereka terhadap penanganan penyakit ini dapat membuat kusta menjadi wabah bagi warga kampung.

wati, nenek Aprijal, menyatakan bahwasannya, mereka sudah mendatangi empat rumah sakit yang berbeda. Tapi, hasilnya tetap saja nihil. “padahal, sudah habis banyak, tapi belom juga ada perubahan, bahkan sangat disayangkan pihak petugas medis puskesmas tidak tahu jenis penyakit apa yang menjangkit cucunya (Aprijal).”

Atas info tersebut, team Respon Darurat Kesehatan (RDK) Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC)  bersama team medis Rumah Sehat Terpadu (RST) yang dipimpin oleh bapak budi pada sabtu siang (9/3) langsung meluncur dengan ambulance kelokasi pak Jiung janjian dengan buk Uun untuk mendata sekaligus membawa satu keluarga tersebut ke Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa.

Kini pasien dalam penangan medis penyakitnya di IGD RST DD, menurut dokter jaga RST, khususnya untuk Aprijal karena kondisinya sudah mengalami tipe multibasiler. Selain itu, juga sudah ada infeksi sekunder,  maka penanganannya akan dilakukan di dalam ruang isolasi, lantai dua RST .  (mfr)

1,992 total views, 1 views today