Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

RST MEMPERINGATI HARI TB SEDUNIA

RST NEWS - Hari TB sedunia (HTBS) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 24 Maret, di mana momen ini sekaligus juga memperingati ditemukannya kuman (bakteri) penyebab TB singkatan dari tuberkulosis, singkatan yang kita kenal dengan TBC di masa lalu, oleh Dr. Robert Koch pada tahun 1882 yang membuka jalan bagi penemuan metoda diagnosis dan penyembuhan.

Pada peringatan kali ini, mengusung tema Peringatan HTBS 2013 “Stob TB In My Life Time”. Salah satu kegiatan yang digelar adalah :

  1. Road Show Edukasi TB pada Pelajar
  2. Ketuk 1001 pintu sosialisasi TB masyarakat
  3. Futsal antar pelajar
  4. Rangking 1 TB

Acara ini bertujuan untuk mengkampanyekan pemberantasan TB yang ada di Indonesia. Dr. Arum Puspitasari (Ka.Yankes LKC) selaku ketua pelaksana mengatakan “Peringatan HTBS 2013 ini diikuti 350 tamu undangan, baik dari kalangan siswa hingga pejabat daerah”.

Puncak peringatan HTBS 2013  ini diresmikan langsung oleh kepala Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Bogor Dr.Hj.camalia W Sumaryana yang sekaligus memberikan simbolis kepada para pemenang dalam rangkai acara tersebut.

Indara salah satu pasien TB yang bertestimoni dalam acara tersebut mengatakan sangat berterimakasih kepada Dompet Dhuafa melalui RST dalam penanganan penyakit TBnya, yang hingga saat ini sudah tahap terakhir dalam penyembuhannya.

Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia merasakan langsung akibat TB sebagai masalah penyakit menular yang berjangkit cepat dan memakan banyak korban (epidemiologis). Menurut data WHO terkini, Indonesia memiliki angka kasus TB baru dan relaps sebanyak 300.659 pada 2010.

Menurut Kepala DINKES Kabupaten Bogor Dr.Hj.camalia W Sumaryana, semuanya ini bertujuan meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran masyarakat untuk memperoleh akses pengobatan TB dengan strategi DOTS yang berkualitas. Selain itu juga melibatkan semua layanan kesehatan dalam pengendalian TB dengan strategi DOTS; mendorong semua mitra TB dan kelompok masyarakat untuk senantiasa melakukan upaya-upaya baru dalam pengendalian TB. Agar pada tahun 2025 Indonesia terbebas dari TB.

Dr.Yahmin Setiawan, MARS selaku DIRUT RST mengungkapkan, “Pengobatan TB itu sendiri bukanlah masalah rumit. Lebih-lebih penanganan TB secara klinis telah dilakukan bersama-sama di seluruh dunia. Penyediaan, dosis dan strategi pemberian obat dan petunjuk teknisnya sudah dikeluarkan WHO. Kebijakan WHO ini telah menjadi acuan penatalaksanaan TB secara global”.

Semangat hari TB Sedunia 2013, ayo lawan TB! Semoga kita tetap sehat. (mfr)

dr.yahmin (Dirut RST)
Presdir Dompet Dhuafa

2,154 total views, 2 views today