Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

GIZI SEIMBANG UNTUK ANAK USIA 3-5 TAHUN

Pertumbuhan di usia balita akan menentukan perkembangan fisik dan mental serta keberhasilan di usia selanjutnya. Pola makan bergizi seimbang di usia ini sangat penting, bukan hanya untuk pertumbuhan fisik, tetapi juga perkembangan kecerdasannya.

Dalam hal makanan, anak usia ini bersifat sangat sebagai konsumen aktif. Artinya, mereka dapat memilih dan menentukan sendiri makanan yang ingin dikonsumsi. Sehingga, banyak sekali masalah yang muncul, misalnya anak menolak makanan yang tak disukai dan hanya mau mengkonsumsi makanan favoritnya.

Berikut ini sejumlah masalah pola makan dan gizi yang kerap terjadi di rentang usia 3-5 tahun dan cara menyiasatinya :

  1. Tidak suka sayuran

Kebanyakan anak tidak suka sayur. Sebagian bahkan tidak suka buah. Hal ini dapat merugikan kesehatannya, terutama dapat mengakibatkan kekurangan vitamin seperti vitamin A, C dan serat. Untuk itu harus diupayakan agar setiap hidangan sayur beraneka ragam dan berpenampilan menarik.  Misalnya, sayur dibuat dalam omelet sayur, nasi goreng sayur, dan lain-lain. Prinsip gizi seimbang mengajak anak untuk selalu menyukai sayuran.

  1. Pilih-pilih makanan

Aku hanya mau makan dengan menu tertentu. Umumnya, kebiasaan pilih-pilih makanan dilakukan karena meniru perilaku orag dewasa ( orangtua ) dan teman sebaya di sekitarnya. Selain itu, si anak sendiri tidak mau mencoba hal-hal baru, termasuk makanan. Pola makan seperti ini kurang bervariasi, sering tak seimbang kandungan zat gizinya. Anak sebaiknya diperkenalkan dengan makanan yang beraneka ragam sejak dini dan dilakukan secara terus menerus.

  1. Menyukai “ junk food “

Cirri makanan junk food adalah berlemak dan berkarbohidrat tinggi, rendah atau tanpa serat, mengandung bahan pemanis dan perasa buatan, penambah rasa, dan kadang-kadang menggunakan bahan pengawet bukan untuk makanan. Untuk mengurangi kebiasaan jajan makanan yang tidak bergizi, diperlukan pemahaman dan praktik makan dengan prinsip gizi seimbang.

RESEP BOLA-BOLA IKAN SAYURAN

Bahan A :

200 gr tepung beras

10 btr kuning telur ayam

100 ml air

200 gr daging ikan cincang

1 sdt garam

100 gr wortel, parut halus

50 gr keju parut

Bahan B :

50 gr tepung beras

200 ml susu

2 putih telur, kocok kaku

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

  1. Buat adonan A : campur semua bahan adonan A menjadi satu, sisihkan
  2. Buat adonan B : campur susu dan tepung beras, lalu jerang di atas api sambil diaduk sampai kental, angkat
  3. Campur adonan A dan adonan B, aduk rata. Masukkan putih telur yang telah dikocok kaku, aduk hingga rata
  4. Panaskan minyak goreng, cetak adonan menjadi bola-bola kecil dengan menggunakan 2 sendok kecil. Goring sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan hidangkan.

Referensi :

Kurniasih, Dedeh, dkk. Sehat dan Bugar Berkat Gizi Seimbang. Jakarta : Gramedia, 2010.

Tim Ahli Gizi. Hidup Sehat Gizi Seimbang dalam Siklus Kehidupan Manusia. Jakarta :   Primamedia Pustaka, 2006.

33,170 total views, 9 views today