Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

WIRA TERBARING LEMAH AKIBAT GIZI BURUK

Seorang pasien bernama Wira berusia 9 tahun masuk ke Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa pada hari  Sabtu, 27 April 2013 dengan keluhan penyakit gizi buruk. Wira merupakan anak kedua dari 4 bersaudara. Kondisi Wira pada saat masuk ke RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa begitu memprihatinkan.  Tubuhnya melepuh akibat penyakit gizi buruk yang telah lama dideritanya. Ia menderita penyakit gizi buruk malnutrisi ini sejak usia 2 tahun.  Menurut pernyataan dari ayah Wira, penyebab penyakit gizi buruk yang diderita Wira adalah akibat kecenderungan Wira yang pemilih dalam mengkonsumsi makanan sehingga  Wira mengalami kekurangan asupan makanan serta kurangnya perhatian dari kedua orangtuanya. Ayah Wira berprofesi  sebagai seorang pedagang di pasar daerah Cengkareng, sedangkan ibunya adalah seorang buruh kebun. Ayah Wira memaparkan bahwa  sebetulnya ia sudah pasrah dengan kondisi kesehatan dan penyakit Wira. Ia sudah menyerahkan apapun yang akan terjadi pada Wira kepada Allah SWT.

Hal tersebut dikarenakan orangtua Wira tidak memiliki cukup biaya untuk membawa Wira berobat ke rumah sakit. Selain itu, kesibukan dari ayah dan ibu Wira juga menjadi kendala untuk memutuskan merawat Wira di rumah sakit karena setiap hari mereka harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika salah satu dari mereka  menunggui  Wira di rumah sakit, akibatnya pendapatan mereka pun semakin sedikit untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  Seperti yang saat ini terjadi bahwa sudah 2 hari ayah Wira terpaksa tidak berdagang di pasar untuk menunggui Wira di rumah sakit. Sebagai seorang pedagang, pendapatan ayah Wira berkisar antara Rp.10.000,00 – Rp. 30.000,00/hari. Begitu juga dengan istrinya. Saat ini kondisi Wira sendiri sudah mulai berangsur-angsur membaik walaupun baru 2 hari mendapat penanganan dan pelayanan medis dari Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Terapi penanganan awal untuk penyakit gizi buruk malnutrisi yang diderita oleh Wira ini telah ditangani dengan infus, terapi injeksi dan oral, serta memperbanyak asupan kalori dan protein untuk menambah berat badan Wira. Penyakit gizi buruk malnutrisi ini sebetulnya banyak diderita oleh anak-anak Indonesia. Hal tersebut dikarenakan keadaan ekonomi orangtua anak yang berada di bawah garis kemiskinan. Sehingga kiranya diperlukan pekerjaan/profesi yang lebih baik bagi orangtua anak penderita gizi buruk malnutrisi agar dapat memberikan asupan gizi yang baik. Sebab semaksimal apapun pelayanan pengobatan yang diberikan oleh pihak medis, apabila belum terdapat perubahan dalam keadaan ekonomi keluarga penderita gizi buruk maka hal tersebut tidak akan memberikan pengaruh yang besar bagi kesembuhan mereka.  (tie)

Berita Lainnya :

http://news.detik.com/read/2013/04/30/010856/2233579/10/kulit-wira-mengelupas-akibat-gizi-buruk

http://indonesia-update.com/lihat.php?id=118467

http://cetak.kompas.com/read/2013/04/30/04204826/anak.itu.kesulitan.melepaskan.diri.dari.jeratan.gizi.buruk

3,342 total views, 1 views today