Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

WIRA, BAGAIMANA KABARMU ?

Masih ingat dengan bocah berusia 9 tahun ini. Ya, Wirayudha atau yang akrab dipanggil Wira, bocah penderita Marasmus Kwashiorkor atau penyakit gizi buruk karena kekurangan kalori dan protein, sekarang kondisinya sudah mulai berangsur-angsur membaik. 

“Berat badannya sudah bertambah 1kg, dari awal masuk 12kg sekarang menjadi 13kg. Makannya juga sudah banyak, “ kata perawat yang selama ini merawat dan memantau kondisi kesehatan Wira saat ditemui di ruang rawat inap anak RST Dompet Dhuafa di Bogor, Jumat (3/5/13). “Makanan yang disediakan di RST selalu dihabiskan oleh Wira.” tambahnya.

Kulit Wira yang pada awalnya mengelupas dan mengering saat ini sudah berangsur-angsur membaik.

“Sekarang udah agak mendingan, paling kadang kerasa gatel aja terus saya olesin minyak yang dikasih dari sini (RST Dompet Dhuafa),” kata Rohman (Ayah Wira).

“Sekarang juga udah mau minum susu tapi sedikit-sedikit,” tambahnya.

Saat ini Wira juga sudah dapat berkomunikasi dengan baik, dimana sebelumnya ia hanya bisa menangis kesakitan karena penyakit Marasmus Kwashiorkor atau penyakit gizi buruk yang dideritanya.

Wira juga terlihat sudah bisa duduk dan sangat menikmati dalam memainkan mobil-mobilan yang ia kemudikan dengan remote control pemberian dari seorang donatur, Sabtu (4/5/13).

Pengobatan Wira saat ini mengikuti instruksi dari Poli Gizi Anak RSCM, meliputi terapi perbaikan gizi dan penanganan keluhan lainnya.

“Di RSCM, Wira dibawa ke Poli Gizi Anak dan disarankan untuk asupan dietnya dicukupi lagi, yaitu 1100-1600 kalori dan dinaikan secara bertahap. Poli Gizi Anak RSCM juga menyarankan untuk menghentikan penggunaan infus pada Wira, sehingga saat ini semua makanan dan obat masuk melalui oral,” kata dr.Jufrialdy yang kami temui di ruang rawat inap anak RST Dompet Dhuafa, Jumat (6/5/13).

“Satu minggu sekali Wira akan dibawa ke RSCM untuk mengetahui bagaimana perkembangannya. Targetnya kenaikan bobot tubuh terpenuhi yaitu 5-10 gram/kg/hari dan minimal 50 gram/kg/minggu. Untuk penyembuhan Wira mungkin bisa memakan waktu kurang lebih satu bulan lagi, dengan rincian diusahakan empat kali lagi kontrol ke RSCM,” tambah dr. Jufrialdy.  (tie/yhm)

2,429 total views, 2 views today