Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

GERD, LEBIH BERBAHAYA DARI PADA MAAG

Pada masyarakat  umum, dipahami bahwa penyakit yang berkaitan dengan asam lambung sering disebut dengan sakit lambung atau sakit maag. Namun sebenarnya secara medis, sakit lambung didefinisikan sebagai kumpulan rasa sakit atau rasa tidak nyaman di ulu hati, saluran cerna bagian atas, dan organ sekitarnya, sering disebut dengan istilah syndrome dyspepsi. Gejala yang biasa muncul biasanya adalah mual, kembung, cepat kenyang, kurang nafsu makan, muntah, dan diare.

Sedangkan gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan yang menyebabkan gejala dengan atau tanpa cedera mukosa esofagus yang terkait yaitu, esofagitis. Sebenarnya gastroesophageal reflux adalah fenomena fisiologis yang normal dialami sesekali oleh kebanyakan orang, terutama setelah makan..

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. GERD yang tidak diterapi dengan baik akan menyebabkan komplikasi, antara lain perdarahan, penyempitan kerongkongan, dan berisiko memicu kanker kerongkongan.Sebenarnya, GERD punya gejala khusus yang mudah dibedakan dari sakit lambung. Seperti rasa terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut.

Faktor genetika dan kegemukan dilaporkan bisa menjadi penyebab penyakit ini. Ternyata orang gemuk juga menghadapi risiko dari penyakit seperti ini. Rata-rata 20% penduduk Amerika Serikat dewasa mengalami gejala GERD setidaknya sekali seminggu. GERD parah akan menyebabkan tukak (ulcers). Asal muasal GERD berasal dari sejumlah faktor, termasuk tekanan yang tidak normal pada katup yang menghubungkan antara saluran kerongkongan dan lambung, hiatal hernia, dan kontraksi esofagus yang tidak efektif.

Namun, GERD tidak hanya mengancam pada seseorang yang mengalami kegemukan, pasien asma, wanita hamil dan gangguan kejiwaan atau stres psikis pun bisa terserang penyakit ini. Agar tidak terkena GERD, berikut adalah hal-hal yang dapat dijadikan pedoman (dan pengobatan):

  • Hindari hal-hal yang dapat meningkatkan produksi asam lambung seperti makanan dengan tingkat keasaman tinggi dan berlemak (hamburger, jeruk, tomat), kopi, teh, alkohol, dan cokelat.
  • Bagi porsi makan jadi beberapa kali dalam porsi yang lebih kecil daripada makan berlebihan dalam sekali waktu. Jangan makan larut malam. Jangan berbaring segera setelah makan.
  • Kontrol berat badan dan hentikan rokok.
  • Hentikan rokok karena tembakau akan meningkatkan produksi asam lambung.
  • Hindari bungkuk ke depan kecuali memang harus.
  • Jangan gunakan ikat pinggang ketat atau pakaian yang ngepres.
  • Naikkan posisi kepala tempat tidur  6-10 inci karena berbaring datar menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.
  • Cek atau konsultasikan dengan dokter sebelum minum obat-obat penghilang rasa sakit yang dapat membuat gejala-gejala GERD menjadi lebih parah.
  • Pastikan bahwa dokter mengetahui semua jenis obat yang diminum.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Richter dan Gallup Organization National Survey memperkirakan bahwa 25-40% orang Amerika dewasa yang sehat mengalami gejala GERD, sebagian besar biasanya dinyatakan secara klinis oleh pyrosis (mulas), setidaknya sebulan sekali. Sekitar 7-10% dari mengalami gejala GERD Amerika setiap hari. Karena banyak individu mengontrol gejala dengan over-the-counter (OTC) obat tanpa berkonsultasi dengan profesional medis, sehingga jumlah sebenarnya orang dengan GERD mungkin lebih tinggi.

Pengobatan GERD melibatkan pendekatan bertahap. Tujuannya adalah untuk mengendalikan gejala, menyembuhkan esofagitis, dan untuk mencegah esofagitis berulang atau komplikasi lain. Pengobatan ini didasarkan pada modifikasi gaya hidup dan kontrol sekresi asam lambung melalui terapi medis dengan antasida atau PPI atau perawatan bedah dengan operasi antireflux korektif.

# dari berbagai sumber

(dr. Yahmin Setiawan, MARS – Dirut Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa)

2,422 total views, 2 views today