Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

WIRA SUDAH DIPERBOLEHKAN RAWAT JALAN

Bocah berusia sembilan tahun ini terlihat sedang berdiri memegang plastik hitam yang berada di atas tempat tidurnya saat kami temui di ruang isolasi rawat inap anak Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST DD), Jumat (17/05/13).

Wirayudha atau yang akrab disapa Wira, bocah penderita Marasmus Kwashiorkor atau penyakit gizi buruk karena kekurangan kalori dan protein ini kondisinya sudah lebih baik. Hal tersebut amat jelas terlihat pada pipi Wira yang terlihat lebih berisi.

“Berat badan Wira saat ini sudah naik lagi menjadi 14kg dari berat badan sebelumnya yaitu 13kg. Kulitnya juga sudah mulai membaik,“ kata perawat yang selama ini merawat dan memantau kondisi kesehatan Wira saat ditemui di ruang rawat inap anak RST Dompet DD di Bogor, Jumat (17/5/13).

“Berdasarkan instruksi dari Poli Gizi Anak RSCM, asupan makanan untuk Wira sekarang sudah bisa diberikan secara normal yaitu, tiga kali sehari dengan kalori 1500 – 2000 kalori. Selain itu, minuman susu Wira yang sebelumnya F 100 sekarang menjadi F 135 yang diberikan dua sampai tiga kali sehari.”tambahnya.

“Setiap pagi Wira selalu diajak keluar kamar untuk jalan-jalan di taman agar terkena kena sinar matahari dan udara segar,“ kata Rohman (Ayah Wira).

“Sekarang di ruangan juga dia (Wira) sudah jalan kesana kemari,”tambahnya.

Berdasarkan keterangan dokter di Poli Gizi RSCM sebetulnya Wira sudah dibolehkan untuk rawat jalan. “Dokter Poli Gizi Anak RSCM sebetulnya sudah memperbolehkan untuk rawat jalan, tetapi Wira harus dititipkan di puskesmas terdekat untuk dipantau asupan nutrisinya,” terang perawat.

“Menurut dokter spesialis anak di RST DD, kemungkinan Wira akan berada di RST kurang lebih dua minggu lagi sampai akhir bulan Mei ini, kemudian setelah itu akan dibawa kembali ke RSCM untuk kontrol baru kemudian diperbolehkan untuk rawat jalan,”tutup perawat.

Kepulangan Wira ke rumah hendaknya dibarengi dengan pemantauan dari puskemas terdekat agar tetap terjaga asupan nutrisinya sehingga Wira tidak terserang penyakit gizi buruk kembali. (tie)

Salurkan Donasi Anda melalui rekening di bawah ini:

Infak (BCA Cab. Pondok Indah 237.304.5454)

Zakat (Bank Mandiri 101.000.5555.469)

Wakaf (Bank Syariah Mandiri 004.013.8118)

2,478 total views, 1 views today