Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

LANSIA….. ORANG TUA KITA SEMUA

Wanita kelahiran tahun 1953 ini bernama Nanih. Nanih merupakan warga Kampung Lengkong Barat, Desa Iwul, Kecamatan Parung, Bogor. Nanih yang baru dua hari berada di ruang rawat inap wanita Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa sedang di cek gula darahnya oleh perawat saat kami temui.

“Berdasarkan data rekam medis, ibu nanih masuk dengan keluhan sesak, perut kembung, dan lemas. Setelah mendapatkan penanganan dari dokter, ternyata ibu nanih didiagnosa terkena hipertensi, diabetes mellitus, dan stroke,” ungkap perawat yang bertugas di ruang rawat inap wanita RST Dompet Dhuafa.

Nanih mengungkapkan bahwa ia menderita diabetes mellitus sudah cukup lama.

“Saya sakit gula sudah cukup lama sampai jempol kaki yang kanan harus diamputasi di RS.Cibinong,” kata Nanih.

“Sekarang kalau duduk lama-lama saya gak bisa, jongkok juga gak bisa, kalau jalan harus pelan-pelan dibantu sama orang lain,” tambahnya.

Selama dirawat di RST Dompet Dhuafa Nanih ditemani oleh adik perempuannya. Terkadang anak dan cucu Nanih pun ikut menjenguk dan menemani Nanih.

Di usia senjanya Nanih merasa sangat senang dan beruntung karena mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang-orang terdekatnya, terutama anak-anaknya.

“Rasanya senang anak masih ada perhatian yang besar ke ibu walaupun sekarang mereka sudah berkeluarga semuanya tapi kadang mereka suka datang ke rumah jengukin ibu sama bapak, “ ungkap Nanih.

“Kalau mereka datang suka bawa makanan dan kasih sedikit uang ke ibu sama bapak, “ tambahnya.

Melihat kondisinya saat ini dimana ia mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang cukup dari orang-orang terdekatnya, Nanih pun merasa sedih melihat orang-orang seusianya yang harus dititipkan atau ditelantarkan oleh keluarganya.

“Rasanya kalau seperti itu miris, terutama anak-anaknya seperti gak punya balas jasa terhadap orangtua,” terang Nanih.

Nanih sangat berharap rekan-rekan seusia dirinya bisa mendapatkan perawatan, perhatian serta kasih sayang dari keluarganya.

Wanita beranak lima ini juga memiliki harapan di usianya yang sekarang agar ia dapat selalu sehat, selamat, panjang umur dan diberkahi oleh Allah SWT.

Lanjut usia merupakan salah satu tahap perkembangan kehidupan yang akan dilalui oleh setiap manusia. Hendaknya seorang lansia mendapatkan kasih sayang serta perhatian dari orang-orang terdekatnya. Kedekatan lansia dengan keluarga dan orang-orang terdekat dapat memberikan makna hidup lebih untuk seorang lansia.

Mari Sayangi dan Lindungi Orangtua dan Lanjut Usia di Indonesia

Selamat Hari Lanjut Usia Nasional ! (tie)

4,181 total views, 1 views today