Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

RIFAT INGIN SEKALI SEMBUH

Terlihat ada yang berbeda dari bayi kecil ini, tampak sebuah benjolan besar di antara kedua matanya. Rifat Maulidan berusia 5 bulan didiagnosa menderita penyakit meningoencephalocele yaitu merupakan penyakit bawaan berupa benjolan yang tumbuh sampai bagian depan tulang kepala dan selaput otak tidak menutup sempurna.

Bayi dari pasangan M.Yusuf dan Siti Maimunah ini masuk ke Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa pada tanggal 30 Mei 2013. Benjolan yang terletak di antara mata Rifat sudah ada sejak ia lahir. Awalnya ukuran benjolan tersebut kecil, namun ternyata semakin hari ukurannya semakin membesar.

Orangtua Rifat sudah pernah mengkonsultasikan kondisi Rifat ke RSCM, namun ketika akan melaksanakan operasi di RSCM kartu jaminan kesehatan Rifat sudah habis masa berlakunya. Dan kemudian karena beberapa hal, kartu jaminan kesehatan Rifat tidak bisa keluar disebabkan oleh kondisi peralihan nama yang mendapat jaminan kesehatan dari daerah domisili orangtua.

Kondisi Rifat telah dikonsultasikan kepada dokter spesialis bedah syaraf RST Dompet Dhuafa dan diputuskan untuk diambil tindakan operasi khusus dan perawatan intensif. Rifat sempat direncanakan akan dioperasi di RST Dompet Dhuafa akan tetapi karena keterbatasan fasilitas, terutama  ketidaktersediaan ruangan rawat inap PICU (Perinatologi Intensive Care Unit) pasca operasi, maka operasinya ditunda. Namun direncanakan kemungkinan Rifat akan dioperasi disebuah Rumah Sakit di Jakarta oleh dokter spesialis bedah syaraf RST Dompet Dhuafa.

Total biaya untuk operasi dan perawatan post operasi Rifat tersebut diperkirakan mencapai Rp 60.000.000,00 – Rp 70.000.000,00 (Enam Puluh Sampai Tujuh Puluh Juta Rupiah) dengan perkiraan biaya untuk tindakan operasi mencapai ±Rp 30.000.000,00 (Tiga Puluh Juta Rupiah) dan biaya perawatan post operasi di ruang PICU yaitu ±Rp 30.000.000,00 (Tiga Puluh Juta Rupiah) dengan asumsi biaya perawatan per hari di ruang PICU adalah sebesar Rp 5.000.000,00 (Lima Juta Rupiah).

Kondisi Rifat saat ini relatif sehat. Rifat juga masih mengkonsumsi ASI Ekslusif sampai sekarang. Namun benjolan yang terdapat di antara kedua matanya terkesan perlahan-lahan semakin membesar dan dikhawatirkan dapat mengganggu penglihatan mata kanan dan kirinya. Berdasarkan hasil CT- SCAN terakhir, terlihat ada massa yang mendesak pada kedua bola mata dari dalam. Untuk sementara, sejak tanggal 11 Juni 2013 Rifat dipulangkan terlebih dahulu ke rumahnya di Rangkas Bitung sambil menunggu panggilan untuk operasi. Dan Rifat tentunya ingin sekali sembuh dengan segera. (tie/yhm)

Kami menggugah hati Anda untuk membantu kesembuhan Rifat Maulidan.  

Salurkan Donasi Anda melalui rekening di bawah ini:

Infak (BCA Cab. Pondok Indah 237.304.5454)

Wakaf (Bank Syariah Mandiri 004.013.8118)

2,505 total views, 2 views today