Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

AKHIR PENANTIAN INDRA YANG BAHAGIA

Parung-Bogor. Setelah hampir empat tahun bergulat dengan penyakit hernia yang dideritanya, akhirnya Indra (7) dapat memperoleh tindakan operasi atas penyakitnya di Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa pada Senin 24 Juni 2013 lalu. Indra merupakan pasien dengan sakit hernia yang dibawa ke RST Dompet Dhuafa oleh seorang mantan reporter tv swasta di daerah Bogor, Jawa Barat.

Anak dari pasangan Abdurahim(43) dan Engkus (38) ini selama hampir empat tahun hanya mendapatkan perawatan di rumah untuk mengobati penyakitnya.

Hernia merupakan protrusi atau penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga yang bersangkutan. Di negara berkembang seperti di Indonesia ini banyak sekali kasus hernia, yang salah satunya disebabkan karena pola hidup seseorang. Diantaranya karena pola buang air besar yang kurang teratur, sering mengejan pada saat buang air besar, pola makan yang kurang berserat, serta para pekerja yang dituntut untuk mengangkat benda berat sehingga meningkatkan tekanan pada intraabdomen (bagian dalam perut).

“Awalnya hanya benjolan kecil yang tumbuh, namun perlahan-lahan semakin hari semakin membesar. Karena keterbatasan biaya akhirnya kami hanya bisa merawat Indra di rumah saja,”ungkap Engkus yang kami temui di ruang rawat inap anak RST Dompet Dhuafa.

“Kami tidak berani membawa Indra berobat ke rumah sakit karena pasti biayanya sangat mahal,”tambahnya.

Abdurrahim ayah Indra berprofesi sebagai tukang bubur dengan pendapatan perhari berkisar Rp 100.000,00 – Rp 150.000,00. Namun, pendapatan tersebut masih dikurangi lagi untuk biaya produksi penjualan buburnya esok hari. Sedangkan Engkus Ibu Indra hanya seorang ibu rumah tangga.

Sebelum dirawat di RST Dompet Dhuafa, Indra pernah dirawat di sebuah RSUD di daerah Bogor selama dua hari dengan menggunakan kartu Jamkesmas, namun karena dokter memutuskan untuk melakukan tindakan operasi pada Indra dan keluarga tidak memiliki cukup biaya serta dokter yang akan mengoperasi sedang tugas ke luar kota, akhirnya jadwal operasi ditunda. Atas informasi dari seorang mantan reporter tv swasta, Indra dibawa ke RST Dompet Dhuafa agar bisa mendapatkan tindakan operasi dengan segera.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Engkus, sampai dengan usianya saat ini, Indra belum pernah sama sekali menyentuh bangku sekolah dikarenakan penyakit hernia yang dideritanya. Anak ketiga dari tiga bersaudara ini hanya tinggal di rumah sambil sesekali menahan sakit jika penyakitnya kambuh.

Setelah dioperasi di RST Dompet Dhuafa, secara berangsur-angsur kondisi Indra pun mulai membaik. Sudah tidak terlihat lagi benjolan besar yang tumbuh di dekat alat vitalnya. Indra pun diperbolehkan pulang untuk rawat jalan pada Kamis, 27 Juni 2013 lalu dengan tetap melakukan kontrol ke RST Dompet Dhuafa setiap satu minggu sekali. Akhir penantian Indra yang bahagia tentunya, dan semoga Indra sehat selalu di masa yang akan datang.

RST Dompet Dhuafa mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak dan donatur yang telah membantu perawatan dan pengobatan Indra. (tie/yhm)

2,044 total views, 1 views today