Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

RST BERBAGI BERSAMA YATIM & INDRA BERBAGI KE RST

Parung – Bogor. Kamis, 1 Agustus 2013 lalu bertepatan dengan 24 Ramadhan 1434 H, Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa mengadakan acara buka puasa bersama untuk seluruh karyawan dan anak yatim. Acara buka puasa bersama ini diselenggarakan di Aula Gedung Teater Dzikir RST Dompet Dhuafa.

Sejak pukul 15.30 WIB anak-anak yatim yang mendapatkan undangan dari RST Dompet Dhuafa pun mulai berdatangan ditemani oleh ibu/pendamping mereka. Pada Ramadhan tahun ini, RST Dompet Dhuafa mengundang 50 anak yatim yang berasal dari daerah sekitar Desa Jampang, Bogor.

Melihat peserta kegiatan yang melibatkan anak yatim, dimana mayoritas usianya berkisar 3 sampai 10 tahun, maka panitia pun mendekorasi ruangan acara dengan berbagai sesuatu yang menarik untuk anak-anak, seperti balon dan beberapa pita agar mereka merasa senang dan kerasan (nyaman).

Kegiatan ini selain dihadiri oleh jajaran direksi dan seluruh karyawan RST Dompet Dhuafa, juga dihadiri oleh para tamu undangan seperti Kepala Desa Jampang dan jejaring Dompet Dhuafa.

Rangkaian acara pada buka puasa bersama kali ini terdiri atas, tilawah dan sari tilawah, sambutan dari Dirut RST Dompet Dhuafa dr.Yahmin Setiawan, MARS dan Kepala Desa Jampang Wawan Hermawan, A.Md, kemudian dongeng untuk anak-anak yatim oleh Kak Didin dari Kampung Dongeng Bogor dan yang terakhir setelah shalat magrib dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim.

“Ramadhan adalah bulan di mana umat Islam saling berbagi, karena memang dimotivasi oleh Allah SWT dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW,” ujar Yahmin dalam sambutannya. “Acara buka puasa bersama anak yatim yang dilaksanakan oleh RST Dompet Dhuafa hari ini merupakan salah satu wujud dari berbagi tersebut di bulan Romadahan.”

Wawan menyampaikan, “Alhamdulillah,pada Ramadhan tahun ini banyak sekali kegiatan yang diadakan oleh jejaring Dompet Dhuafa untuk menyemarakkan suasana Ramadhan, mulai dari LPI (Lembaga Pengembangan Insani), Zona Madina dan saat ini acara kegiatan buka bersama di RST. Jika melihat beberapa tahun ke belakang, tempat ini (RST) hanyalah sebuah kebun dan tanah kosong tapi sekarang Alhamdulillah sudah banyak kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini.”

Acara pun semakin meriah saat masuk ke sesi dongeng yang dibawakan Kak Didin. Anak-anak yatim tersebut duduk manis menghadap ke arah panggung dan mendengarkan cerita dongeng dari Kak Didin dengan seksama. Tidak jarang mereka pun tertawa lepas karena kelucuan Kak Didin saat membawakan cerita.

“Aku datang kesini diantar mama, rasanya senang bisa datang kesini dan dapat hadiah, tadi cerita dongengnya juga lucu“ungkap Fatia (8).

Sekilas terlihat ada yang berbeda pada acara buka bersama anak yatim di RST Ramadhan tahun ini, Ada anak Indra yang berumur 10 th (pasien dengan penyakit hernia yang sudah berhasil dioperasi di RST Dompet Dhuafa) datang bersama ibunya menyerahkan celengannya  dan beberapa obat-obatan yang sempat dibeli sebagai tanda cinta dan donasi kepada RST Dompet Dhuafa. Celengan Indra yang berisi uang yang sengaja ditabungnya sebelum dioperasi, ‘Celengan uang ini untuk biaya operasi saya.’ Ujar Indra. Karena sudah dioperasi di RST Dompet Dhuafa secara cuma-cuma, maka celengannya ini Indra ingin donasikan ke RST Dompet Dhuafa untuk membantu pasien lainnya.

Setelah hampir empat tahun bergulat dengan penyakit hernia yang dideritanya, akhirnya Indra dapat memperoleh tindakan operasi atas penyakitnya di RST Dompet Dhuafa. Indra diperbolehkan pulang untuk rawat jalan pada Kamis, 27 Juni 2013 lalu. Indra dibawa ke RST Dompet Dhuafa oleh seorang mantan reporter tv swasta di daerah Bogor, Jawa Barat. Sekarang Indra sudah sembuh dan dapat melakukan aktivitasnya secara normal.

Saat ditanya oleh Yahmin tentang perasaannya saat ini setelah sembuh dari penyakit hernia, Indra mengungkapkan bahwa ia sangat senang dan bahagia. Ia gembira karena dapat beraktivitas kembali dan bermain bersama dengan teman-temannya.

Ternyata berbagi untuk sesama tidaklah harus melulu menunggu disaat kita harus memiliki segalanya terlebih dahulu, contohnya seperti Indra. Seorang anak kecil di tengah keterbatasan ekonomi keluarganya ia mau berbagi nikmat sehat dengan memberikan celengannya dan beberapa obat-obatan untuk pasien dhuafa di RST Dompet Dhuafa. Berbagi kebersamaan, keceriaan, dan kebahagiaan bersama anak-anak yatim juga tentunya merupakan hal yang rutin perlu dilakukan, tidak hanya saat Ramadhan namun juga di luar ramadhan.

Indahnya Berbagi !!! (tie/yhm)

1,892 total views, 1 views today