Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

JARMINAH, SURVIVE UNTUK KELUARGA

Parung – Bogor. Tidak pernah terbayang oleh wanita paruh baya ini, bahwa ia akan menderita sebuah penyakit yang mematikan. Jarminah (43) didiagnosa menderita penyakit Kanker Mammae Dextra (kanker payudara sebelah kanan) Stadium IV.

Jarminah masuk kembali ke Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa pada tanggal 28 Agustus 2013 lalu, setelah beberapa bulan sebelumnya juga pernah mendapatkan perawatan di RST Dompet Dhuafa.

Menurut Jarminah, awal mula penyakit ini sekitar 2 tahun yang lalu dengan munculnya sebuah benjolan kecil di payudara sebelah kanannya.

“Benjolan kecil tersebut jika dipegang seperti berjalan-jalan.” kata Jarminah.

“Awalnya juga bingung itu apa, dan benjolan kecil itu pun tidak saya hiraukan. Sempat suami menyarankan saya untuk memeriksakan diri ke dokter, tapi saya tidak mau karena merasa takut kalau nanti ketahuan saya sakit apa, “ tambahnya.

Bulan demi bulan pun berlalu dan benjolan di payudara Jarminah kondisinya semakin lama semakin membesar sebesar mata kaki.

“Setelah sebesar mata kaki itulah saya baru berani untuk memeriksakan diri ke sebuah rumah sakit swasta di Serang, Banten.” Ucap Jarminah.

Di rumah sakit tersebut Jarminah menjalani berbagai pemeriksaan terkait penyakit yang dideritanya, serta sempat dirawat selama 2 hari 2 malam. Saat itu Jarminah dan suami sempat kebingungan karena keterbatasan biaya. Suami Jarminah berprofesi sebagai seorang petani dengan penghasilan yang tidak menentu, dan Jarminah sendiri sebelum sakit pernah menjadi seorang guru bantu (guru honor)  di sebuah sekolah negeri di Serang dengan pendapatan ± Rp 700.000,00/bulan.

Berkat bantuan dari kepala desa setempat, Jarminah dapat dibawa ke RST Dompet Dhuafa dan sampai dengan sekarang masih mendapatkan perawatan dengan dirujuk ke rumah sakit khusus kanker di Jakarta.

Sejak awal masuk ke RST Dompet Dhuafa dan dirujuk ke rumah sakit khusus kanker di Jakarta, Jarminah telah menjalani 5 kali tindakan kemotherapy. Saat ini Jarminah sendiri sedang menunggu untuk menjalani kemotherapy yang ke 6.

Berdasarkan keterangan perawat di ruang rawat inap post operasi RST Dompet Dhuafa, penyakit Kanker Mammae Dextra yang diderita oleh Jarminah sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain.

“Saat ini kami masih memberikan penanganan untuk merawat lukanya, dan Ibu Jarminah sendiri masih menunggu untuk diambil tindakan kemotherapy siklus ke 6,”kata perawat.

Ibu yang memiliki 6 orang anak ini pun menyampaikan bahwa, “ Saat ini saya sering merasa panas di bagian belakang tubuh, dan sekarang sudah beberapa kali terasa sakit di sekitar dada dekat payudara sebelah kanan.”

Menghadapi kenyataan seperti ini, tidak pernah terbesit dalam diri Jarminah untuk menyerah.

“Saya tidak pernah mau menyerah terhadap penyakit ini, saya kuat berkat dukungan dari suami dan anak-anak. Memang pada awalnya berat menerima bahwa saya harus menderita penyakit ini, namun saya percaya bahwa masih ada harapan untuk saya. Saya tetap pasrah kepada Allah SWT, namun saya juga akan tetap berusaha untuk bisa sembuh,”ungkap Jarminah

“Saya ingin sekali bisa sembuh, agar bisa mengurus anak-anak yang masih membutuhkan perhatian dan kasih sayang saya,” tutup Jarminah (tie/yhm)

Salurkan Donasi Anda melalui rekening di bawah ini:

Infak (BCA Cab. Pondok Indah 237.304.5454)

Wakaf (Bank Syariah Mandiri 004.013.8118)

1,956 total views, 2 views today