Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

SUMPAH PEMUDA ; SUMPAH SETIA PEMUDA INDONESIA

Kami Putra dan Putri Indonesia Mengaku Bertumpah Darah yang Satu Tanah Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia

Kalimat di atas merupakan kutipan dari teks Sumpah Pemuda, sumpah setia yang dilahirkan di Kongres Pemuda II  oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) pada tanggal 28 Oktober 1928, 85 tahun silam.

Lahirnya Sumpah Pemuda ini tidaklah tanpa arti. Sumpah Pemuda yang dibangun atas dasar keberagaman dan perbedaan yang terdapat di Indonesia sebagai Negara multikultural menjadi salah satu tonggak sejarah penting bagi Bangsa Indonesia.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah perjuangan rakyat Indonesia selama ratusan tahun yang tertindas dan berada di bawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi tersebutlah yang mendorong para pemuda untuk membulatkan tekad mengangkat harkat dan martabat hidup orang pribumi dan tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dengan kata lain, Sumpah Pemuda yang dirumuskan pada saat itu untuk membangun rasa nasionalisme, agar para pemuda memiliki satu tekad, bersama-sama berjuang untuk satu tujuan yaitu kemerdekaan Indonesia.

Melihat kebulatan tekad pemuda saat itu, jika menilik pada generasi muda zaman sekarang, hendaknya Sumpah Pemuda menjadi sebuah inspirasi penting bagi para pemuda Indonesia untuk berjuang memajukan serta membawa Bangsa Indonesia kini menjadi lebih baik di hari esok.

Sumpah Pemuda yang mengusung persatuan dan kesatuan bangsa merupakan satu langkah dasar kemajuan suatu bangsa. Sudah selayaknya kita, terutama pemuda-pemuda Indonesia membangun persatuan dan kesatuan, menumbuhkan jiwa-jiwa nasionalisme, dan berpatisipasi dalam pembangunan kemaslahatan bangsa.

Hari Sumpah Pemuda hendaknya dapat mengingatkan kita semua bahwa dengan keberagaman dan perbedaan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda masih menjadi perekat yang sangat ampuh untuk menyatukan berbagai macam perbedaan tersebut.

Indonesia amat sangat membutuhkan pemuda-pemuda yang berani, mengamalkan dan memegang teguh Bhinneka Tunggal Ika serta Pancasila untuk kepentingan rakyat Indonesia.

Indonesia amat sangat membutuhkan kerja, prestasi dan kontribusi dari para pemudanya dalam segala bidang kehidupan, baik ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial-budaya, untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat. Dan Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa adalah salah satu wujud dari kerja, prestasi dan kontribusi para pemuda yang peduli dan datang dari hati untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya dhuafa.

Mari kita nyalakan kembali semangat Sumpah Pemuda yang kini nyaris padam di dalam hati para Pemuda Indonesia !!

Selamat Hari Sumpah Pemuda………. (tie/yhm)

2,297 total views, 1 views today