Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

MENGENAL LEBIH DEKAT DOKTER SPESIALIS ANAK RST

Parung-Bogor. Mungkin ada beberapa dari sahabat yang sudah tidak asing lagi dengan sosok dokter yang satu ini. Wajahnya sudah beberapa kali wara-wiri di beberapa program tv swasta ini juga sering menjadi pembicara dalam berbagai kegiatan dan seminar kesehatan anak di berbagai kota. Beliau adalah dr. Arifianto, Sp.A (Spesialis Anak) atau yang lebih akrab disapa dr. Apin.

Pria kelahiran Malang, 11 Mei 1980 ini menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2004 dan mendapatkan gelar dokter spesialis anak pada awal 2012 tahun lalu.

Profesinya sebagai dokter spesialis pun sesuai dengan sosoknya yang hangat dan bersahabat dengan anak-anak. Pada awal karirnya tidak pernah terbesit dalam diri dr. Arifianto untuk menjadi seorang dokter spesialis anak.

“Keinginan untuk menjadi dokter anak awalnya karena saya pernah berkecimpung dalam kegiatan yang melibatkan anak-anak, hal tersebut membuat saya berpikir bahwa sepertinya menyenangkan menjadi seorang dokter anak,” jelasnya.

Sebagai seorang dokter anak, dr. Arifianto pun memiliki terapi pengobatan yang berbeda dengan rekan seperofesinya yang lain. Mayoritas dokter selalu memberikan obat kepada pasiennya. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi ayah dari Alia dan Muhammad Ahsan ini.

“Terapi itu ada 2, farmakologis dan non farmakologis (obat dan non obat). Jadi seperti  saran, edukasi, informasi juga sebetulnya terapi, tapi selama ini kebanyakan yang berpikir  terapi pengobatan hanya diperiksa dan diberikan obat. Melihat dari sudut pandang pasien pun, segmennya adalah orang tidak mampu/dhuafa yang notabene mereka pasif dan menerima apa saja yang kita berikan, walaupun sebenarnya jika diberikan informasi dan edukasi tentang kesehatan mereka mengerti juga kok,” terang dr.Arifianto.

“Selain itu, rumah sakit ini kan biayanya bersumber dari amanah orang banyak, sehingga perlu kiranya untuk mengefisiensikan pengeluaran yang tidak perlu, “ tambahnya.

Selain sebagai dokter anak di Rumah Sehat  Terpadu (RST) Dompet Dhuafa, dr. Arifianto juga aktif sebagai narasumber mengisi rubrik kesehatan anak di media cetak. Beliau juga aktif menulis di blog pribadi dan berbagi tentang info kesehatan anak di jejaring sosial.

Tidak hanya menuangkan ke dalam blog ataupun jejaring sosial, kemampuan menulisnya pun ia tuangkan menjadi sebuah buku yang berisi bekal dasar seputar ilmu kesehatan anak untuk para orangtua. (tie/yhm)

2,319 total views, 5 views today