Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

BOWO, MEMBAIK BERKAT RAMUAN HERBAL DAN KOMITMEN

Parung-Bogor. Pria yang telah memasuki usianya senjanya itu terlihat sedang berada di apotik untuk mengambil obat setelah menjalani kontrol ke Poli Herbal Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa. Sudah sejak setahun ini Bowo (66) menjalani pengobatan herbal atas penyakit hipertensi yang telah 3 tahun dideritanya.

“ Sudah setahun ini saya berobat ke Poli Herbal di RST Dompet Dhuafa, setelah sebelumnya selama tiga tahun saya berobat ke 4 dokter dan minum obat-obat kimia,” ungkap Bowo.

Dapat dikatakan Bowo merupakan pasien Poli Herbal yang berobat sejak Poli Herbal tersedia di RST Dompet Dhuafa. “Saya memang warga yang tinggal di sekitar RST, sebetulnya saya sudah pernah mendengar mengenai obat-obatan herbal dan sejak di RST ada Poli Herbal saya penasaran dan mulai mencari tahu lebih dalam tentang herbal sampai akhirnya saya berobat ke Poli Herbal di RST ini,” terangnya.

Setahun berobat ke Poli Herbal RST, kondisi kesehatan Bowo atas penyakit hipertensi yang dideritanya justru semakin membaik. Bowo menyatakan bahwa ia pernah dinyatakan bebas dari hipertensi.

“Selama kurang lebih setahun ini saya memang menjalani program pengobatan per 3 bulan, artinya dalam waktu tiga bulan saya mengkonsumsi ramuan herbal yang juga dikombinasikan dengan obat kimia.

“Awalnya memang terasa sulit karena rebusan ramuan herbal tersebut terasa sangat pahit sekali. Namun lama kelamaan menjadi sudah terbiasa dan Alhamdulillah pada pengobatan saya di bulan ke 9 saya sempat dinyatakan bebas hipertensi oleh dokternya,” ungkap Bowo sangat bersemangat.

Sempat dinyatakan bebas hipertensi oleh dokter, membuat Bowo amat sangat bersyukur. Usahanya yang begitu keras untuk tetap setia pada ramuan herbal pun membuahkan hasil yang menakjubkan.

“Sekarang-sekarang ini paling saya hanya sering merasa pusing saja, namun jika diperiksa tensinya ternyata tidak pernah melampaui batas tensi orang seusia saya, jadi masih dalam batas normal, sehingga saya tetap rutin kontrol dan mengkonsumsi ramuan herbal dan ditambahkan sedikit saja obat generik,” ucap Bowo.

Bowo pun menceritakan bahwa keadaanya saat pertama kali berobat ke Poli Herbal sangatlah kurang baik. “Saat itu saya merasa sakit di sekitar pundak dan dada pun sesak, dan setelah mengikuti program per 3 bulan yang saya bilang tadi, Alhamdulillah lebih baik. Awalnya saya melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi ramuan herbal dan dikombinasikan dengan obat kimia, namun seiring berjalannya waktu dan kesehatan saya pun semakin membaik akhirnya perlahan – lahan obat kimia tersebut pun berkurang dosis penggunaanya,” pungkas Bowo.

Kini setelah setahun lebih menjadi pasien pengguna obat-obatan herbal, meskipun penyakit hipertensinya telah membaik Bowo pun tidak begitu saja melepaskan pengobatannya. Ia masih tetap rutin kontrol ke Poli Herbal RST Dompet Dhuafa seminggu sekali.

“Sebagai pengkonsumsi obat ramuan herbal kita memang harus memiliki komitmen yang kuat. Rata-rata mereka menyerah karena rasa pahit dan malas untuk mengolahnya,” ungkap Bowo.

“Selain itu jangan dilupakan juga untuk selalu berdoa untuk kesembuhan penyakit kita. Dengan kondisi saya yang Alhamdulillah membaik sampai saat ini saya merasa bersyukur sekali, “ tutup Bowo. (tie/yhm)

1,583 total views, 2 views today