Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

JADI "PROVIDER" BPJS, RUMAH SAKIT RST TETAP LAYANI WARGA MISKIN NON PBI

Jakarta - Dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, RS. Rumah Sehat Terpadu (RST) yang merupakan fasilitas layanan kesehatan gratis milik Dompet Dhuafa juga telah bersinergi dengan BPJS Kesehatan. Hal ini disampaikan oleh dr Yahmin Setiawan, Direktur RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

“Terkait pelaksanaan JKN oleh BPJS Kesehatan, rumah sakit kami juga telah menandatangai kerja sama dengan BPJS Kesehatan, baik untuk PBI (Penerima Bantuan Iuran) maupun non PBI,” kata Yahmin di Jakarta, Rabu (29/1).

Tapi, lanjut dia, RST juga akan tetap melayani masyarakat fakir miskin dan tidak mampu yang belum termasuk ke dalam PBI. Karena Dompet Dhuafa masih sebagai tempat penyaluran dana zakat untuk program kesehatan.

“Dompet Dhuafa juga akan terus mengedukasi peserta kami yang punya Jamkesmas dan dapat PBI untuk menggunakan hak itu. Dan buat yang belum terdaftar sebagai PBI, kita juga akan advokasi supaya nantinya mereka juga dapat haknya sebagai penerima PBI BPJS Kesehatan,” lanjutnya.

Bentuk advokasi yang akan dilakukan menurutnya adalah dengan mendata mereka yang benar-benar tergolong fakir miskin dan tidak mampu.

“Kalau dari data itu mereka belum menjadi PBI, maka akan kita daftarkan lewat jalur pos ke Kemkes dan Kemsos sehingga mereka bisa masuk ke dalam PBI. Kalau belum bisa juga, kita akan bantu membayarkan iurannya terlebih dahulu lewat dana zakat, infak atau sedekah serta wakaf yang kita miliki sampai mereka masuk PBI,” ujarnya.

Pemutakhiran data PBI sendiri dilakukan oleh Kementerian Sosial tiap enam bulan sekali.

Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa yang terletak di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Bogor, Jawa Barat, diresmikan tanggal 4 Juli 2012. Sebagai pelayanan kesehatan tingkat rujukan, rumah sakit ini menyediakan pelayanan spesialis, rawat inap dan juga tindakan operasi.

Sumber: http://www.beritasatu.com/kesra/163645-jadi-provider-bpjs-rumah-sakit-rst-tetap-layani-warga-miskin-non-pbi.html

1,809 total views, 3 views today