Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

SILATURAHIM RST DAN PUSKESMAS SE-BOGOR UTARA

Parung – Bogor. Menyambut era Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan  yang sudah mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2014  lalu, tentu perlu adanya kerjasama yang baik antar fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama maupun lanjutan demi memberikan jaminan kesehatan yang optimal untuk masyarakat Indonesia.

Hal tersebut pula yang dilakukan oleh Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa yang menyelenggarakan kegiatan silaturahim dan diskusi bersama puskesmas kecamatan yang lokasinya berada dekat dengan RST (wilayah se-Bogor Utara), Rabu, 12 Februari 2014 kemarin.

Pertemuan hangat yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut pun dihadiri oleh jajaran Direksi RST Dompet Dhuafa dan tamu undangan dari beberapa Kepala Puskesmas se-Bogor Utara.

dr. Yahmin Setiawan, MARS selaku Direktur Utama RST Dompet Dhuafa pun menjelaskan sedikit gambaran mengenai kerjasama yang telah dilakukan antara RST Dompet Dhuafa dengan BPJS Kesehatan.

“Dalam kesempatan pertemuan hari ini, RST sebagai provider rumah sakit lanjutan ingin berbagi dan sharing dengan puskesmas yang berada dekat dengan RST,” ungkapnya.

“Adanya kerjasama antara RST dan BPJS Kesehatan ini selain kita tetap melayani pasien dhuafa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, kami pun mengadvokasi dan mengedukasi mereka agar mendapatkan haknya sebagai masyarakat Indonesia yaitu dengan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS,” tambah dr. Kukun Masykur Nikmat, MARS, Direktur Pelayanan Kesehatan RST.

Ka. Puskesmas Parung sekaligus Koordinator Puskesmas wilayah se-Bogor Utara, dr. Dede Agung P menyampaikan bahwa “Apresiasi atas keberadaan RST, kelebihan dari RST sendiri terletak pada pendampingan yang dilakukan kepada pasien hingga tuntas,”.

“Sebagai provider BPJS kami sangat  welcome, karena RST berada ditengah-tengan wilyah Kab Bogor bagian utara satu-satunya yang memiliki visi dan misi yang tidak berorientasi pada keuntungan semata melainkan nilai-nilai social kemanusiaan yang dikedepankan,”tambahnya.

Hasil dari pertemuan ini, selain memperkuat system rujukan berjenjang, sharing informasi pelayanan kesehatan dan beberapa rencana kedepan untuk dapat kerjasama dalam hal promosi kesehatan kepada masyarakat sekitar, juga direncakan untuk sharing knowledge antar petugas kesehatan yang ada di fasykes baik di Puskesmas ataupun di RST DD. (tie/fie/yhm)

1,818 total views, 1 views today