Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

RST DOMPET DHUAFA : KOMITMEN BERSAMA MERAIH AKREDITASI PARIPURNA RUMAH SAKIT TAHUN 2016

Parung – Bogor. Dapat dikatakan pada Selasa, 18 Maret 2014 kemarin merupakan hari yang bersejarah bagi RS. Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa. Betapa tidak, pada hari itu segenap stakeholder, direksi, dokter, dan seluruh karyawan serta rekanan RST Dompet Dhuafa mengucap dan meneguhkan sebuah komitmen untuk bersama-sama meraih Akreditasi Paripurna Rumah Sakit pada tahun 2016.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini disambut antusias oleh seluruh karyawan, direksi, dokter, serta rekanan RST Dompet Dhuafa. Bambang Suherman selaku Deputi Direktur Kesehatan Dompet Dhuafa pun turut hadir dan memberikan sambutannya dalam kegiatan yang menjadi titik awal perjalanan panjang untuk meraih Akreditasi Paripurna oleh RST Dompet Dhuafa.

“ Jika menilik sejarah dari pembangunan RST, dulu kesehatan menjadi barang yang mahal terutama untuk kaum dhuafa. Sehingga kita akhirnya mencoba melakukan sebuah perlawanan agar kaum dhuafa pun dapat memperoleh pengobatan yaitu dengan mendirikan balai pengobatan berbentuk layanan kesehatan cuma-cuma.” ucap Bambang.

Dimulai dari sebuah balai pengobatan yang kini juga dikenal luas oleh masyarakat sebagai Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa, dengan semakin bertambahnya penerima manfaat LKC Dompet Dhuafa yang membutuhkan pelayanan spesialistik, rawat inap dan juga tindakan operatif maka dibangunlah RST Dompet Dhuafa, Bambang pun memiliki sebuah impian untuk RST di masa depan.

“ Pada titik akhirnya nanti, saya bermimpi bahwa orang-orang yang datang ke RST bukan untuk mengobati penyakitnya, namun untuk sama-sama menjadi sehat, duduk-duduk bersama beraktivitas dalam kesehatannya karena sebetulnya itulah substansi dari istilah “Rumah Sehat”,” ujar Bambang.

“ Membuat teater sehat dan adanya orang-orang yang mengantri untuk menonton film kesehatan menjadi impian saya juga untuk RST ke depannya,” tambahnya.

Semangat perjuangan berkomitmen untuk meraih akreditasi rumah sakit pun disampaikan oleh dr. Yahmin Setiawan, MARS selaku Direktur Utama RST Dompet Dhuafa dalam sambutannya.

Ia mengucapkan sebuah kalimat bahwa “Jika seseorang mau berubah, maka ada dua hal yang perlu ia ketahui yaitu pertama, harus tahu ada dimana hari ini dan kedua, harus tahu mau kemana esok hari,”.

“Perubahan yang dilakukan hari ini yaitu pencanangan standar akreditasi rumah sakit merupakan bagian dari misi yang ingin kita capai,” tambahnya.

dr. Yahmin pun mengajak segenap stakeholder, direksi, dokter, dan seluruh karyawan serta rekanan RST Dompet Dhuafa memegang teguh komitmen untuk mewujudkan mimpi RST Dompet Dhuafa meraih akreditasi tingkat paripurna  di tahun 2016.

“Hidup jika tidak ada tantangan dan harapan tentunya akan mati. Dengan Bismillah, komitmen, soliditas tim, dan pelaksanaan, semoga Allah memudahkan serta melancarkan akreditasi paripurna dapat kita raih di tahun 2016.” ucapnya.

Pada kegiatan tersebut juga dijelaskan oleh dr. Jumpa Utama selaku ketua Tim Akreditasi tentang persiapan dan apa saja yang akan dikerjakan dalam proses pencapaian akreditasi paripurna di tahun 2016.

“ Ada 1237 indikator yang harus dicapai untuk meraih akreditasi paripurna. Secara perlahan di tahun 2014 dimulai dengan perkenalan program, di tahun 2015 persiapan dan sosialisasi dokumen yang telah dibuat disertai dengan pelatihan, dan di tahun 2016 dilaksanakan evaluasi,” ucap dr. Jumpa.

Tidak hanya dalam sambutan, suntikan spirit perjuangan pun ditambahkan melalui training motivasi yang diberikan oleh Aris Ahmad Jaya dari tim ABCO Sugesti Motivatindo. Pada training tersebut, peserta diberikan sugesti agar menambah motivasi diri untuk mencapai keberhasilan dalam hidup.

Menjelang siang, kegiatan tersebut pun ditutup dengan acara potong tumpeng dan penandatanganan komitmen pada sebuah spanduk dan kertas yang digantungkan di pohon komitmen.

“Kami menyambut dengan semangat mimpi RST Dompet Dhuafa untuk meraih akreditasi rumah sakit di tahun 2016. Semoga proses perjalanan dalam meraih akreditasi tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan kemudahan dari Allah SWT,” ungkap Yuyun salah satu perawat di RST Dompet Dhuafa.(tie/yhm)

1,783 total views, 1 views today