Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

LAYANAN CUCI DARAH RST DOMPET DHUAFA SIAP BEROPERASI

Parung-Bogor. Pasca penyerahan bantuan mesin pencuci darah (Hemodialisa) dari BPZIS Bank Mandiri kepada Yayasan Dompet Dhuafa pada bulan Oktober 2013 lalu, akhirnya Kamis, 17 April 2014 Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa menyelenggarakan Acara Peresmian Beroperasionalnya Layanan Cuci Darah.

Bertempat di halaman depan ruang layanan cuci darah RST Dompet Dhuafa, acara peresmian tersebut digelar.  Acara peresmian ini pun dihadiri langsung oleh Ketua Umum BPZIS Bank Mandiri, Tedi Nurhikmat dan segenap pengurus BPZIS Bank Mandiri, Jajaran Direksi dan Managemen RST Dompet Dhuafa serta tamu undangan antara lain dari Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, BPJS Kesehatan Regional Bogor, dan beberapa puskesmas terdekat.

“ Alhamdulillah puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT akhirnya layanan cuci darah ini dapat segera dioperasionalkan untuk melayani kesehatan dhuafa. Layanan cuci darah ini akan dioperasionalkan secara bertahap, dari 12 unit  mesin pencuci darah yang direncanakan pada akhir tahun 2014 ini, yang tersedia kini baru 5 unit dan saat peresmian ini baru 2 unit mesin pencuci darah yang akan dipergunakan,” ucap dr. Yahmin Setiawan, MARS, Direktur Utama RST Dompet Dhuafa dalam sambutannya.

BPZIS Bank Mandiri memberikan donasi untuk kelengkapan sarana dalam layanan cuci darah di RST Dompet Dhuafa dalam bentuk 1 unit alat cuci darah, 1 unit alat monitor pasien dan 6 unit kursi pasien saat cuci darah.  Diharapkan BPZIS Bank Mandiri dapat terus membantu untuk melengkapi kebutuhan sarana layanan cuci darah ini.

Tedi Nurhikmat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Dana ZISWAF yang terhimpun di BPZIS Mandiri ini sebagian besar berasal dari pegawai Bank Mandiri. Kami sangat senang dan bersyukur jika dana tersebut dapat memberikan manfaat yang besar khususnya untuk kesehatan dhuafa melalui layanan hemodialisa ini”.

Setelah memberikan sambutannya, dr. Yahmin dan Tedi Nurhikmat pun secara bersama-sama melakukan kegiatan potong pita sebagai simbol puncak acara peresmian beroperasionalnya layanan cuci darah  di RST Dompet Dhuafa.

Didampingi oleh jajaran Direksi RST Dompet Dhuafa, tidak hanya masuk dan meninjau ruangan cuci darah, Tedi Nurhikmat pun berbincang-bincang dengan 2 pasien yang saat itu sedang menjalani proses cuci darah sambil mendengarkan penjelasan dari dr. Agung selaku penanggung jawab ruang layanan hemodialisa.

“ Layanan cuci darah ini akan beroperasi secara bertahap. Dari 5 unit alat yang ada sekarang, baru 2 unit alat yang akan dipergunakan sambil kita juga bertahap dalam penambahan jumlah tenaga medis,” ucap dr. Agung.

Jumlah pasien dhuafa di RST Dompet Dhuafa  yang rutin membutuhkan layanan cuci darah berjumlah kurang lebih 35 pasien yang saat ini tersebar di beberapa rumah sakit dan klinik khusus cuci darah di Jabodetabek. Semoga dengan dibukanya layanan cuci darah di RST Dompet Dhuafa ini dapat memudahkan pasien dhuafa untuk mendapatkan layanan hemodialisa secara rutin dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi para dhuafa. (tie/yhm)

2,306 total views, 1 views today