Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

2 BULAN DIRESMIKAN, 30 PENERIMA MANFAAT HEMODIALISA DI RST

Parung – Bogor. Menginjak hampir 3 bulan pasca diresmikan pada 17 April 2014, layanan hemodialisa (cuci darah) Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa telah melayani puluhan penerima manfaat. Terhitung sejak diresmikan sampai dengan bulan Mei 2014 sebanyak 30 penerima manfaat telah merasakan layanan hemodialisa di RST Dompet Dhuafa.

“Saat ini pasien rata – rata berasal dari luar wilayah Bogor, “ ucap dr.Agung selaku penanggung jawab ruangan hemodialisa.

“Kebanyakan dari mereka merupakan pasien dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa yang dialihkan layanan hemodialisanya ke RST ,”tambahnya.

Sebagai rumah sakit yang menjadi provider BPJS Kesehatan, penerima manfaat layanan hemodialisa pun dirasakan bagi pasien yang memiliki jaminan tersebut. Berdasarkan data yang diperoleh dari unit layanan hemodialisa RST, jumlah pasien dengan jaminan BPJS dan kememberan Dompet Dhuafa  yang telah mendapatkan layanan hemodialisa adalah sebanyak 20 orang, pasien dengan jaminan kememberan Dompet Dhuafa sebanyak 1 orang dan pasien dengan jaminan BPJS Kesehatan saja sebanyak 9 orang.

“Sampai dengan bulan Mei 2014 sudah dilakukan sebanyak 106 tindakan kepada pasien dengan 5 mesin hemodialisa yang beroperasi,” ucap dr. Agung.

Tuti salah satu pasien yang sedang menjalani proses cuci darah pun mengungkapkan rasa syukurnya karena layanan hemodialisa telah tersedia di RST.

“Saya sudah lama rutin melakukan cuci darah, sebelumnya saya cuci darah di Pondok Gede dengan kendala terkadang klinik tempat biasa saya cuci darah penuh namun alhamdulillah sekarang RST sudah memiliki unit layanan cuci darah sehingga saya pindah kesini,” ucapnya.

Meskipun layanan hemodialisa telah tersedia di RST, namun tidak semua penerima manfaat dapat dialihkan proses layanannya ke RST dengan alasan kondisi kesehatan dan jarak tempuh yang cukup jauh. (tie)

1,918 total views, 2 views today