Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

PELATIHAN PENANGANAN KOMPLAIN DI RST DD

BOGOR – Bekerja sama dengan salah satu praktisi hipnoterapi NLP (Neuro Linguistic Programming) Indonesia, Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penanganan Komplain untuk para karyawan. Bertempat di Aula Teater Dzikir RST Dompet Dhuafa, sekitar 25 karyawan yang terbagi atas 2 gelombang menghadiri kegiatan yang dilaksanakan pada 29 – 30 September 2014 lalu.

“ Menjelang Akreditasi Rumah Sakit 2016, penanganan terhadap komplain merupakan hal yang sangat penting, karena hal tersebut dapat menentukan baik atau tidaknya mutu dari sebuah rumah sakit,” ucap dr. Yahmin Setiawan, MARS Direktur Utama RST Dompet Dhuafa dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Yahmin menjelaskan bahwa pelatihan penanganan komplain ini juga sebagai tambahan kemampuan dan keterampilan untuk para karyawan, sehubungan ke depannya RST Dompet Dhuafa tidak hanya melayani kesehatan dhuafa saja namun juga para peserta jaminan BPJS kesehatan.

Kepanjangan NLP sendiri yaitu Neuro  adalah cara berpikir, Linguistic adalah bahasa, Programming adalah berbagai program atau strategi kita dalam berpikir dan berperilaku. Sehingga secara singkat NLP adalah teknologi berpikir, berbahasa, berstrategi, bertindak, untuk mencapai hasil yang kita inginkan.

Selama seharian penuh dengan mengusung tema “Elegant & Successful Complaint Handling With NLP” para peserta pelatihan mendapatkan berbagai materi dan teknik mengenai penanganan komplain yang disuguhkan oleh Sunardi Basuki Widodo praktisi hipnoterapi NLP Indonesia selaku narasumber, yang juga bekerja di sebuah rumah sakit milik pemerintah.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali, apalagi pekerjaan saya berhubungan langsung dengan pasien dan keluarganya dimana komplain kerap kali muncul. Sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu saya dalam menghadapi komplain” ungkap Septi salah satu peserta pelatihan.

Khalimatusadiah selaku Kepala Sumber Daya Insani (SDI) RST Dompet Dhuafa yang kami temui saat pelatihan berlangsung pun berharap semoga kegiatan ini dapat menambah pengetahuan, wawasan serta kemampuan karyawan dalam menangani komplain.

“Semoga para karyawan dapat mengaplikasikan teknik – teknik serta materi yang diberikan hari ini, karena meskipun RST adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan untuk dhuafa, namun dalam hal keluhan kita tetap harus sigap dan menanganinya dengan baik,” tambahnya. (tie)

1,551 total views, 1 views today