Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

HARI CUCI TANGAN SEDUNIA RST DOMPET DHUAFA ; SAFETY UNTUK SEMUA

BOGOR – Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober 2014 merupakan sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh World Health Organization (WHO) bekerjasama dengan pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia, Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Cuci Tangan yang Benar kepada seluruh karyawan, pasien, keluarga pasien serta pengunjung RST Dompet Dhuafa Kamis, 16 Oktober 2014.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan Tim Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KPRS) RST Dompet Dhuafa dengan mengusung tema “Safety Untuk Semua” ini cukup sukses menyedot perhatian para karyawan, keluarga pasien serta pengunjung.

“ Kegiatan ini perdana kami lakukan di RST. Terselenggaranya kegiatan ini karena kami ingin mengenalkan kepada masyarakat, terutama untuk pasien RST dan keluarganya yang mayoritas merupakan kaum tidak mampu dan masih minim akan kebersihan serta pengetahuan cara cuci tangan yang benar,” ucap Fvera Melliana Ketua PPI RST Dompet Dhuafa.

Bertempat di depan ruang pendaftaran pasien, tidak hanya memperlihatkan gerakan cuci tangan yang divisualisasikan melalui tarian oleh tim penari yang terdiri dari karyawan RST Dompet Dhuafa,  kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan berkeliling mengunjungi satu persatu ruang perawatan yang ada di RST Dompet Dhuafa demi memberikan pemahaman secara mendalam tentang gerakan cuci tangan yang benar.

“ Mencuci tangan sebelum atau sesudah melakukan apapun merupakan hal yang sangat penting. Dengan mencuci tanganyang benar menggunakan sabun, kita dapat terhindar dari berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit,” ucap Niken anggota Tim KPRS.

Iis salah satu Duta Hand Hygiene (Cuci Tangan) RST Dompet Dhuafa yang ikut berkeliling pun memberikan penjelasan mengenai gerakan mencuci tangan yang benar.

“Langkah 1, tuangkan sabun dan beri sedikit air, lalu gosokkan secara perlahan dengan mempertemukan kedua telapak tangan, langkah 2 taruh telapak kanan di atas punggung tangan kiri dan bergantian telapak kiri di atas punggung tangan kanan, langkah 3 telapak kanan dan kiri serta jari saling terkait, langkah 4 letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci, langkah 5 jempol kanan digosok memutar oleh tangan kiri, begitu juga sebaliknya dan langkah 6 jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan kiri pada telapak tangan begitupun sebaliknya,” katanya sambil mempraktikan gerakan cuci tangan.

Kegiatan sosialisasi gerakan cuci tangan ini semakin semarak dengan adanya door prize yang diberikan oleh panitia bagi peserta yang dapat melakukan gerakan cuci tangan dengan benar.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat ternyata cuci tangan enggak asal kena air saja, saya jadi tahu cara cuci tangan yang benar untuk cegah penyakit,” ungkap Rukmana salah satu keluarga pasien.

Kania, ketua Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) pun mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga menjadi salah satu program promosi kesehatan RST Dompet Dhuafa untuk pasien dan keluarga pasien. Lebih lanjut Kania berharap semoga sosialisasi gerakan cuci tangan yang benar dapat terus dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada pasien beserta keluarganya. (tie)

2,225 total views, 1 views today