Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

BAYI SAFA DAN SIFA; PERAWATAN LAMA KARENA ORGAN TUBUH BELUM MATANG

BOGOR – Pasca empat hari mendapatkan perawatan secara intensif di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) salah satu rumah sakit ibu dan anak swasta di Bogor, kini bayi kembar Elih telah dialih rawat ke ruang perinatologi (ruang perawatan khusus untuk bayi baru lahir yang bermasalah) Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa sejak Selasa (17/2). Namun sangat disayangkan dari ketiga bayi kembar yang lahir secara prematur tersebut, kini hanya tinggal dua bayi kembarnya yang masih bertahan.

“Bayi ketiga dengan berat 780 gram tidak bisa dipertahankan dan wafat 16 Februari lalu. Kini tinggal bayi Safa dan Sifa yang bertahan dan mendapatkan perawatan intensif ,” ucap perawat ruang perinatologi RST Dompet Dhuafa.

Pernafasan bayi Safa dan Sifa pun terus mendapatkan observasi ketat dari perawat ruangan.

“Bayi Safa dan Sifa sudah lepas oksigen, sehingga kami terus observasi pernafasannya. Selain observasi pernafasan, penanganan juga berfokus pada optimalisasi nutrisi yang kami berikan lewat infus,” ucap perawat.

Rencananya bayi Safa dan Sifa pun akan memperoleh Perawatan Metode Kangguru (PMK) hari ini. Perawatan Metode Kangguru merupakan perawatan untuk bayi berat lahir rendah atau lahir secara prematur dengan melakukan kontak langsung antara kulit bayi dengan kulit ibu atau skin-to-skin contact, dimana ibu menggunakan suhu tubuhnya untuk menghangatkan bayi.

“Dengan metode PMK ini dapat mencegah Hipotermia (suhu tubuh dingin) pada bayi juga mempermudah pemberian ASI eksklusif. Sementara ini baru bayi Safa yang akan dirawat dengan metode PMK karena kondisinya lebih stabil,” ucap perawat.

Bayi Safa sendiri kini telah meningkat berat badannya dari awal lahir 1.6 kilogram kini naik menjadi 1.8 kilogram, sedangkan bayi Sifa masih tetap di 1.3 kilogram. Diperkirakan perawatan bayi Safa dan Sifa ini akan berlangsung cukup lama dikarenakan organ vital dalam tubuhnya belum matang.

“Kalau organ tubuhnya sudah matang, maka dapat dilanjutkan ke terapi selanjutnya yaitu target menaikkan berat badan kurang lebih 2 kilogram baru boleh pulang ke rumah,” tutup perawat.(tie)

Kami menggugah hati Anda untuk membantu perawatan untuk kesembuhan bayi Safa dan Sifa.

Salurkan Donasi Anda melalui rekening di bawah ini:

Infak (BNI Syariah 0298535912)

1,212 total views, 2 views today