Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

SEMINAR & WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN KEGIATAN RESEARCH COMPETITION RST DOMPET DHUAFA

———-Untuk RST Dompet Dhuafa yang lebih baik, berbagi, saling menghebatkan ———

“Katakanlah, kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis ditulis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun kami datangkan tambahan sebanyak itu pula” (Al Kahfi:109)

“Dan seandainya pohon-pohon di muka bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan lagi, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat” (Luqman:27).
BOGOR – Penelitian tidak hanya penting bagi mahasiswa dalam rangka menyusun skripsi, tesis, atau disertasi. Penelitian juga penting bagi para praktisi atau pengelola program di bidang apapun. Sebab dalam menyusun suatu program yang baik dan relevan bagi pelayanan masyarakat, sangat dibutuhkan data dan informasi yang akurat. Untuk memperoleh data semacam ini, hanya dapat diperoleh dari suatu studi atau penelitian.

Berangkat dari pentingnya data yang relevan dan akurat dalam penyusunan program, maka Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa melaksanakan rangkaian kegiatan research competition dengan skup tema penelitian terkait lean hospital dan rumah sakit cinta ibadah. Pada 06 Maret 2015 telah diselenggarakan salah satu rangkaian kegiatan research competition yaitu seminar dan workshop penyusunan proposal penelitian.

Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi yang direspon luar biasa oleh seluruh unit kerja di RST Dompet Dhuafa.  Beberapa unit sangat antusias hingga mengirim 6 judul/topik  penelitian . Dalam waktu satu minggu, terkumpulah 40 judul topik penelitian dari 16 unit yang ada di RST Dompet Dhuafa. Acara research competition ini dilanjutkan dengan mengadakan seminar dan workshop penyusunan proposal penelitian. Keenam belas unit tersebut pun diundang delegasinya untuk hadir dalam seminar dan workshop tersebut. Pengumuman 10 judul/topik penelitian terbaik merupakan acara puncak yang ditunggu oleh para peserta.

Acara dimulai dengan registrasi peserta seminar dan workshop pukul 09.00 WIB, peserta hadir sebanyak 37 orang, serta menghadirkan tiga orang panitia dan dua orang pembicara internal RS. RST Dompet Dhuafa. Pembukaan acara dilakukan oleh Direktur Utama RST Dompet Dhuafa, dr. Yahmin Setiawan, MARS dan dilanjutkan ke acara utama yang dimulai dengan pemateri Susanti Tungka, SKM.MARS yang menyajikan materi pendahuluan penelitian dan  kerangka konsep penelitian.

Disela-sela  acara peserta diberikan waktu untuk coffee break  selama 15 menit. Para peserta semakin antusias ketika diberikan beberapa doorprize bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari panitia. Acara berlangsung hangat  hingga waktu  istirahat untuk solat dan makan yang dimulai pukul 11.30 s/d 13.00 WIB

Sesi kedua seminar dan workshop dimulai dengan Ice breaking oleh panitia. Dilanjutkan pada 14.45 WIB dengan pembicara Kania Fitriani menyajikan materi tinjauan teori dan metodologi penelitian. Pada 1 jam terakhir, dilakukan workshop penyusunan proposal penelitian yang dipandu oleh Susanti Tungka, SKM. MARS, dengan cara menganalisis topik penelitian masing-masing dengan hasil akhir outline BAB 1 – BAB 4 proposal penelitian.

Acara pun diakhiri dengan diumumkannya 10 topik penelitian terpilih yang telah melewati  desk review. Adapun 10 topik penelitian terbaik adalah:

1. Judul : “Peningkatan kualitas dokumentasi berkas rekam medis sesuai standar akreditasi rumah sakit serta pengaruhnya terhadap pasien BPJS”

Unit : Rekam Medis dan Admission

2. Judul : “Beban kerja, pengaruh terhadap waktu lembur dan produktivitas serta solusinya dari sudut pandang lean”

Unit     : Akuntansi

3. Judul : “Intratekal anastesi dengan bupivacain 0.5% heavy 7.5 mg + fenyanyl 25 µg vs bupivacain 0.5% heavy 10 mg + fenyanyl 25 µg     pengaruhnya terhadap hemodinamik pada pasien operasi section cesaria”

Unit : OK (ruang operasi)

4. Judul : “Peningkatan kepuasan tenaga keperawatan kepada management RST Dompet Dhuafa berhubungan dengan program lean    hospital”

Unit : HCU

5. Judul : “Gambaran tingkat religiusitas karyawan RST yang menerapkan program RS. cinta Ibadah di RST DD”

Unit : Poliklinik

6. Judul : “Analisis zat gizi dan biaya sisa makanan pada pasien dengan diet biasa di RST Dompet Dhuafa 2015”

Unit : Gizi

7. Judul : “Pengaruh 4 kalimat ajib saat melakukan tindakan invasif pada pasien”

Unit : Arrahman- Arrahim

8. Judul : “Hubungan metode penugasan MPKP dengan tingkat kepuasan kerja perawat di ruang rawat inap percontohan MPKP”

Unit : Divisi Keperawatan

9. Judul : “Hubungan kualitas pelayanan farmasi pasien rawat jalan terhadap kepuasan dan keputusan berkunjung kembali di IPRS RS  RST Dompet Dhuafa”

Unit : Farmasi

10. Judul : “Pendekatan konsep lean hospital & rumah sakit cinta ibadah untuk efisiensi dan perbaikan kualitas pelayanan di instalasi radiologi RST Dompet Dhuafa”

Unit : Radiologi

Mari kita berikan semangat, dan mendoakan rekan-rekan yang akan menyusun proposal agar diberi kemudahan oleh Allah SWT, serta dapat menyelesaikan proposal penelitian pada waktunya. Tim manakah yang akan terpilih untuk dapat melakukan penelitian di tahun 2015 ini? (ayu/sif/tie)

1,776 total views, 2 views today