Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

RST ADAKAN EDUKASI & SOSIALISASI PENYAKIT DM UNTUK MASYARAKAT

BOGOR –  Tanpa dipungkiri penyakit diabetes mellitus atau yang biasa kita kenal dengan kencing manis merupakan penyakit yang banyak dijumpai di masyarakat. Diabetes Melitus (DM) adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin atau karena penggunaan yang tidak efektif dari produksi insulin. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah serta membutuhkan perhatian dan perawatan medis dalam waktu lama baik untuk mencegah komplikasi maupun perawatan sakit.

Berdasarkan data yang diperoleh dari website resmi Departemen Kesehatan Republik Indonesia (www.depkes.go.id), Secara epidemiologi diperkirakan bahwa pada tahun 2030 prevalensi DM di Indonesia mencapai 21,3 juta orang (Diabetes Care, 2004).

Hal di atas tentu membuat penyakit DM menjadi momok tersendiri yang menghantui jutaan masyarakat Indonesia. Atas dasar itulah dalam rangka memberikan edukasi serta sosialisasi pada kepada masyarakat tentang bahaya penyakit DM, Selasa 24 Maret 2015, Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa menyelenggarakan kegiatan Seminar & Talkshow “Cegah dan Kendalikan Diabetes Menjadi Kronis”.

Sebanyak 136 peserta pun hadir memenuhi Aula Dzikir RST tempat acara berlangsung. Tidak hanya dihadiri oleh warga sekitar, beberapa perwakilan dari puskesmas, kelurahan serta kader kesehatan yang telah mendapatkan undangan pun hadir dalam acara tersebut.

Bersama dr. Merianti, Sp.PD selama kurang lebih 2 jam, para peserta mendapatkan materi dan diajak untuk berdiskusi lebih jauh mengenai penyakit DM.

“Penyakit DM atau kencing manis merupakan penyakit yang sangat perlu kita hindari karena dapat menyerang pada organ-organ tubuh yang lain seperti ginjal, jantung, mata, kaki juga kulit. Faktor gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit DM,” ungkap dr. Merianti.

Keingintahuan yang tinggi dari para peserta pun terlihat dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan terkait penyakit yang juga dapat disebabkan secara genetik tersebut.

Beberapa hadiah hiburan pun diberikan kepada para peserta yang membuat acara seminar semakin semarak.

Sarnah, warga Pondok Udik yang mengikuti acara tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya.

“Teman – teman saya banyak yang kena kencing manis juga, dengan ikut kegiatan ini kita bisa kasih tahu ke keluarga, saudara, bahkan tetangga tentang cara mencegah juga mengendalikan penyakit DM ini,” ungkapnya.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bapak/ibu disini dapat membagikan informasi kesehatan yang didapat kepada tetangga atau orang orang-orang terdekatnya,” ucap dr. Kukun Masykur Nikmat, MARS Direktur Pelayanan Kesehatan RST Dompet Dhuafa dalam sambutannya.(tie)

1,441 total views, 2 views today