Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

PERESMIAN AL-AZIZ DAN AL-JABBAR

Bogor. Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa semakin hari terus meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Tepat pada Selasa (12/5/2015), RST DOMPET DHUAFA mengadakan acara peresmian ruang rawat inap untuk anak dan dewasa yang diberi nama Al-Aziz dan Al-Jabbar. Penambahan ruang rawat inap ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar baik anggota kartu Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) dan anggota member RST DOMPET DHUAFA.

Peresmian ini menunjukan adanya perkembangan jumlah fasilitas dari tahun ke tahun. Dalam sambutan pembukaan acara peresmian, dr.Yahmin Setiawan MARS, selaku Direktur Utama RST DOMPET DHUAFA berkata “RST DOMPET DHUAFA sedang melakukan perekembangan dalam fasilitas dan dokter spesialis. Dalam fasilitas, perkembangan ini ditunjukan dengan penambahan jumlah tempat tidur (bed) dari tahun ke tahun. Tahun 2012 – 2013 jumlah tempat tidur 46 unit, tahun 2014 sebanyak 61 unit tempat tidur, pada tahun 2015 yakni bertepatan dengan peresmian ini sebanyak 100 unit tempat tidur.

RST DOMPET DHUAFA juga saat ini melakukan perkembangan dalam kuantitas dokter spesialis, yakni spesialis THT(tenggorokan, hidung,telinga), Jantung, Bedah, Ortopedi, Urologi dan Syaraf”. Dr. Yahmin menambahkan “pada tahun 2015 – 2016 RST DOMPET DHUAFA memiliki beberapa agenda, yakni melengkapi prasyarat untuk menaikan standar tipe rumah sakit dari tipe D menjadi tipe C, akreditasi rumah sakit sesuai standar yang ditetapkan pada tahun 2012, berusaha mencerminkan Rumah Sehat Cinta Ibadah, dan bekerjasama dengan sekolah dan universitas yang ada di sekitar Bogor bahkan wilayah Indonesia dengan melakukan kerjasama praktek dan magang”.

Acara peresmian ini dihadiri oleh perwakilan pejabat Gubernur Provinsi Jawa Barat, perwakilan Bupati Bogor, Kepala Dinas Kesehatan, jajaran pejabat Dompet Dhuafa, pejabat BPJS, serta tamu undangan lain dari berbagai lembaga dan lapisan masyarakat. Dalam sambutannya, Ibu Kepala Dinas Kesehatan Ibu dr.Hj.Camalia Wilayat Sumaryana, MKM, menyampaikan sambutan dari Bupati Kabupaten Bogor, “RS.RST DOMPET DHUAFA saat ini menjadi lembaga non profit yang bermanfaat bagi masyarakat, memberi ruang ekspresi kepedulian dan kesetiakawanan sosial sehingga sangat potensial menumbuhkan tatanan sosial yang sehat dan berkualitas.” Ibu Camalia menambahkan bahwa “RS.RST DOMPET DHUAFA saat ini menjadi partisipan pembangunan yang handal bagi Kabupaten Bogor. Selamat atas peresmian ruang rawat inap dan penambahan ruang rawat inap dengan didanai dana hibah Provinsi Jawa Barat”.

Sebelum sambutan ditutup, Ibu Camalia menambahkan ”persoalan kesehatan saat ini adalah dengan bertambahnya pasien rujukan yang harusnya membuat kita prihatin. Meningkatnya jumlah rumah sakit akan mengurangi pasien yang ‘thawaf’ dari rumah sakit satu ke rumah sakit yang lainnya, karena ‘thawaf’ hanya dilakukan di Kota Mekah”. “Pemerintah Kabupaten Bogor menggandeng RS. RST DOMPET DHUAFA untuk melakukan regionalisasi pembinaan, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dipelayanan dasar agar dapat menangani pasien, sehingga dapat memisahkan mana pasien yang harus dirujuk kerumah sakit, mana pasien yang dapat ditangani dipelayanan dasar” tegas Ibu Camalia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian ruang rawat inap dan hospital tour yang dipimpin oleh dr.Kukun Masykur Nikmat selaku Direktur Pelayanan Kesehatan RST DOMPET DHUAFA. Peresmian ruang rawat inap anak dan dewasa ini diresmikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Ibu dr.Hj. Camalia W.Sumaryana, MKM dan Presiden Direktur Dompet Dhuafa Philanthropy, Bapak Ahmad Juwaini. Peresmian dilakukan dengan symbol gunting bunga dan penandatanganan plakat di halaman depan runag rawat inap anak Al-Aziz dengan 15 tempat tidur dan dewasa Al-Jabbar dengan 11 tempat tidur.

Setelah diresmikan, jumlah ruang rawat RST DOMPET DHUAFA saat ini menjadi 10 ruang. Ruang rawat inap untuk dewasa menjadi 7 (tujuh), ruang rawat inap anak menjadi 2 (dua), dan 1 (satu) ruang bersalin. Jumlah tempat tidur di dalam ruang rawat inap menjadi 100 unit. Semoga, setelah acara peresmian ini akan mendorong para donatur untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat dhuafa. Semakin banyak fasilitas pelayanan kesehatan di RST DOMPET DHUAFA, maka akan semakin banyak pula manfaat yang akan diterima bagi mereka yang membutuhkan. (um)

1,187 total views, 1 views today