Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

MESKI SAKIT TETAP PRODUKTIF

Apa yang akan orang-orang lakukan jika mengetahui dirinya mengidap penyakit parah dan harus melakukan pengobatan dan perawatan secara intensif ?. Mungkin kebanyakan orang lebih memilih istirahat untuk menjaga kondisi agar tidak mudah sakit. Namun berbeda dengan pasein Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa yang satu ini. Embay bin Orin (32) merupakan salah satu pasien RST Dompet Dhuafa yang sedang melakukan perawatan intensif di ruang Hemodialisa (HD).

Hal yang menarik dari pasien ini adalah Embay masih melakukan kegiatan produktif seperti biasa dalam satu waktu dengan pengobatan. Supir angkot adalah kegiatan yang dilakukannya setiap hari dari fajar menyingsing hingga terbenam. Laki-laki dengan penghasilan bersih 40.000 dalam sehari ini melakukan aktivitas rutin tidak hanya mencari nafkah namun juga cuci darah. Embay menderita gagal ginjal sejak Juli 2012.

Embay menuturkan bagaimana ia bisa terkena gagal ginjal, “selama satu bulan saya mengkosumsi minuman terlarang (minuman keras) dan makan tidak teratur karena saya tidak tidur diluar.” Minuman beralkohol menyebabkan fungsi ginjal tidak berjalan sesuai dengan seharusnya. Alkohol memperbesar ginjal sehingga mempengaruhi fungsi hormon normal tubuh. Bahkan hal ini berpotensi besar menyebabkan gagal ginjal. Hal ini menyebabakan Embay terkena penyakit gagal ginjal.

Embay menjadi pengkonsumsi minuman keras sebagai bentuk pelampiasan sakit hati karena istrinya selingkuh. Sejak saat itu, Embay meninggalkan rumah dan hidup diluar dengan makan dan minum diberbagai tempat yang kebersihannya masih dipertanyakan. Embay menikah sejak tahun 2000, meskipun belum dikaruniai anak Embay merasa bahagia hidup berdua dengan sang istri.

Seiring berjalannya waktu, Embay disibukan dengan aktivitas menyupir angkot dan cuci darah. Embay melakukan aktivitas cuci darah selama dua hari dalam sepekan dan dilakukan setelah menyupir angkot. Sakit gagal ginjal tidak menghentikan Embay untuk tetap produktif. Juga tidak menghentikan Embay untuk menjalin kehidupan rumah tangga yang baru. Embay rencana akan menikah lagi setelah Idul Fitri. Kita doakan sama-sama semoga urusan Embay berjalan dengan lancar.

Semangat Embay patut kita jadikan pelajaran dan contoh bagaimana kita memaknai hidup dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Sakit tidak menjadi hambatan seseorang untuk menjalin hidup, tapi semangat hiduplah yang akan menghambat datangnya sakit. “Sejak tahu akibat buruk dari minuman keras saya mulai paham mengapa minuman keras benar-benar dilarang” tutup Embay. Pesan Embay patut kita dengungkan ditelinga dan terapkan dalam kehidupan kita.

Mari dukung orang-orang penerima manfaat di RST Dompet Dhuafa yang memiliki semangat juang seperti Embay. Berikan mereka kesempatan untuk merasakan semangat hidup untuk menjadi tabungan di hari kelak dan akhirat. Dukungan dapat diberikan melalui donasi ke rekening BNI Syariah atas nama Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa dengan nomor rekening 0298535912.

983 total views, 1 views today