Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

TAHAPAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA SI KECIL

Bahasa dalam bahasa Sangsakerta adalah भाषाbhāṣā yang merupakan kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh, dan digunakan untuk komunikasi yang kompleks. Jumlah bahasa yang ada didunia sekitar 6.000 hingga 7.000 bahasa. Banyaknya bahasa itu pada dasarnya melalui tahap dan proses yang sama pada perkembangan penggunaannya. Karena yang berbeda hanya jenis kata dan kalimat yang keluar dari mulut kita.

Tahapan perkembangan bahasa ini terjadi seiring berjalannya umur. Tahap pertama adalah mengoceh atau babbling. Selama periode ini yakni pada umur 3 – 9 bulan, anak atau anak mulai mengeluarkan suara vocal seperti ooooh dan aaaah. Kemudian setelah itu anak mulai mengeluarkan kata konsonan seperti ba-ba-ba, ma-ma-ma atau da-da-da.

Kemudian satu kata atau one word, biasanya terjadi pada umur 10 – 13 bulan dan mulai mengeluarkan satu kata yang jelas. Namun, ketika anak mengeluarkan beberapa kata maka perlu diperhatikan bahwa anak sudah memahami lebih banyak kata. Pada tahap ini anak masih menggunakan bahasa tubuh, misalkan kontak mata, bersuara, gerakan-gerakan tubuh, meraih dan lain sebagainya. Kata-kata yang biasanya muncul seperti nama orang di sekitar, kendaraan, makanan, benda dirumah, binatang dan lain sebagainya. Anak mulai berbicara kata-kata pertama atau kata ajaib seperti “mama” atau “dada” dan kemudian akan dapat berbicara 6 – 20 kosa kata, dan memahami banyak lagi. Mampu untuk menanggapi permintaan sederhana seperti “Tolong tutup pintu”, terutama jika dibantu dengan isyarat gerakan tangan.

Tahap selanjutnya adalah perkembangan dua kata atau two words. Pada umur 18 bulan anak sudah mulai mengucapkan atau mengeluarkan dua kata. Misalnya saja “mama bobo”. Mengucapkan dua suku kata juga dilihat ketika identifikasi “lihat kucing”, lokasi “makan disana”, pengulangan “minum lagi’, menolak “tidak mau” dan penyifatan “makanan enak”.

Tahap yang mulai cukup menguasai bahasa adalah pada tahap ini yakni menguasai banyak kata atau multi words. Penggunaan banyak kata ini kemudian menjadi kalimat dan terjadi pada umur dua tahun. Anak mengenali nama-nama orang yang akrab dengan dirinya dan mengenali nama-nama bagian tubuh seperti mata, hidung, telinga, kaki, tangan dan lain sebagainya. Pada tahap ini anak mampu melakukan percakapan sederhana, menggunakan kalimat dengan 2 sampai 4 kata. Anak kemudian menikmati pengulangan cerita favoritnya dan mampu menghitung sampai 10 serta mengulang kata-kata yang didengar dalam percakapan. Anak akan banyak belajar dari apa yang diucapkan orang disekitarnya dan untuk itu perlu hati-hati dalam berucap jika disekitar anak pada umur ini. (um)

1,136 total views, 1 views today