Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

KEBAHAGIAAN IBU YANG MEMBERIKAN ASI

Menyusui dengan air susu ibu (ASI) oleh seorang ibu kepada bayinya sudah terbukti memberikan banyak manfaat untuk bayinya, terutama kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan pada bayi yang akan baik dan optimal. Bayi terlindungi dari serangan berbagai pernyakit yang berbahaya dan mematikan, terpenuhinya kebutuhan gizi yang optimal pada bayi dan terpenuhinya kebutuhan emosional yang dibutuhkan oleh bayi, hal-hal tersebut adalah beberapa contoh manfaat dari ASI untuk bayi

Ibu menyusui  artinya memberikan makanan kepada bayinya secara langsung dari payudara ibu sendiri dan makanan yang dimaksud adalah ASI. Menyusui adalah suatu proses alamiah, dimana berjuta-juta ibu melahirkan diseluruh dunia bisa menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku sebelumnya.

Tentunya perlu juga diketahui dan dipahami, ternyata bagi ibu yang menyusui atau memberikan ASI kepada bayinya, juga akan mendapatkan manfaat yang banyak untuk dirinya sendiri. Manfaat dalam wujud menjaga dan meningkatkan kesehatan bagi para ibu, serta tentunya  juga akan memberikan kebahagiaan.

Beberapa manfaat dari menyusui bagi ibu adalah pertama, dapat mencegah kematian  pada ibu setelah melahirkan akibat perdarahan. Ibu yang menyusui bayinya segera setelah lahir akan dapat mendorong terjadinya kontraksi rahim ibu dan akan dapat mencegah terjadinya perdarahan setelah melahirkan.Hal ini akan dapat membantu mempercepat proses kembalinya rahim ibu ke posisi semula.

Manfaat kedua, dengan menyusui maka seorang ibu akan terkurangi resiko terkena kanker payudara dan kanker rahim (dua jenis kanker terbanyak di dunia pada perempuan yang menyebabkan kematian) Dalam beberapa laporan penelitian, diketahui bahwa dengan menyusui dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara mencapai 20% dan juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker rahim.

Kemudian manfaat ketiga dari menyusui adalah dapat mengurangi berat badan ibu setelah hamil dan melahirkan. Menyusui dapat membantu ibu mengurangi berat badan, karena ketika menyusui itu berarti sama dengan membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari. Jumlah kalori yang sama jika kita berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam.Lemak di sekitar panggul dan paha yang ditimbun pada masa kehamilan pindah ke dalam ASI, sehingga ibu lebih cepat langsing kembali.

Menyusui dapat dijadikan sebagai alat kontrasepsi bagi ibu, itulah manfaat keempat dari menyusui. Dengan memberikan ASI secara eksklusif (memberikan ASI saja kepada bayi yang berusia 0 – 6 bulan) maka dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Hisapan bayi pada payudara ibu merangsang hormon prolaktin,  hormon yang dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga menunda kesuburan.

Yang kelima, menyusuimerupakan ungkapan kasih sayang yang nyata dari seorang ibu kepada bayinya. Hubungan batin antara ibu dan bayi akan terjalin erat karena saat menyusui bayi menempel pada tubuh ibu. Bayi bisa mendengarkan detak jantung ibu, merasakan kehangatan sentuhan kulit ibu dan dekapan ibu.Pelepasan hormon oksitosin ketika menyusui meningkatkan perasaan tenang, nyaman, dan cinta kepada bayi dari seorang ibu.

Dan manfaat yang keenam dari menyusui bagi ibu adalah praktis dan ekonomis.Selain komposisinya yang sempurna, ASI juga sangat praktis dan ekonomis serta menyusui itu gratis.Memberikan ASI sangat praktis, ibu tidak perlu repot mencuci dan merebus botol pada masa pemberian ASI, sehingga bisa menambah waktu istirahat bagi ibu, khususnya di malam hari.Dan ibu bisa jalan-jalan ke luar rumah tanpa harus membawa banyak perlengkapan seperti botol, kaleng susu formula, air panas dan sebagainya.

Sekarang ini harga susu formula cenderung terus meningkat dan biaya untuk susu formula selama seminggu bisa mencapai ratusan ribu rupiah, biaya selama setahun untuk susu formula mencapai lebih dari jutaan rupiah. Dan lebih dari itu, apabila menggunakan susu formula, maka harus membeli perlengkapannya seperti dot, botol  dan peralatan sejenisnya kemudian juga harus menjaga barang-barang tersebut agar tetap bersih atau steril. Nah, apabila dengan memberi ASIakan dapat menghilangkan biaya untuk susu formula dan perlengkapannya yang cukup tinggi, sehingga menyusui sangat ekonomis.

Terbukti sudah  bahwa seorang ibu yang menyusui akan mendapatkan manfaat bukan hanya untuk bayinya, tetapi juga bermanfaat untuk dirinya sendiri. Jadi berbahagialah para ibu yang menyusui, sudah mendapatkan bayi yang sehat dengan pertumbuhan dan perkembangan yang baik, juga mendapatkan dirinya yang sehat secara fisik dan psikologis serta “sehat” pula ekonomi keluarganya.

Mari kita galakkan ibu menyusui ASI kepada bayinya selama 2 tahun, untuk wujudkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas.

Berbahagialah para ibu yang menyusui bayinya.

# dari berbagai sumber

(dr. Yahmin Setiawan, MARS – Dirut Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa)

1,178 total views, 2 views today