Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

LANGSING SECARA ALAMI ITU MUDAH

Tubuh langsing merupakan impian setiap wanita di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Tampil cantik dengan postur tubuh yang langsing ditambah bonus sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun, sebelum memilih program yang cocok, kenali dahulu tubuh anda, apaakh tergolong kurus, normal, gemuk atau obesitas. Setelah itu, kemudian tetapkan program yang sesuai dengan situasi dan kondisi keuangan maupun kesehatan anda.

Namun, penting untuk diketahui mengenai tubuh anda, untuk itu kenali tubuh, seberapa idealkah anda?. Nah,  untuk mengetahui postur tubuh ideal, anda dapat menghitung IMT ( Indeks Massa Tubuh ) dengan menggunakan rumus berikut ini,

IMT = BB (kg) / TB2 (m)

BB (berat badan) dan TB (tinggi badan). Selanjutnya cocokkan angka IMT tersebut dengan klasifikasi yang tertera pada tabel berikut, maka postur tubuh anda dapat diketahui. Klasifikasi Berat Badan Berdasar Indeks Massa Tubuh (IMT) untuk Orang Asia Dewasa

Klasifikasi IMT
BB kurang <18.5
BB normal 18.5 -22.9
BB lebih >23
Pre-Obes (gemuk sedikit) 23-24.9
Obes I 25-29.9
Obes II >30

Biasanya jika postur tubuh seseorang berada dalam angka yang menunjukan kelebihan berat badan, mereka akan ingin menurunkan berat badan. Banyak prosuk dipasaran yang menawarkan diet secara instan dan hal ini sebaiknya dihindari. Selain karena kandungan yang belum jelas, juga akan memiliki efek samping pada tubuh anda. Untuk itu, jika anda ingin menurunkan berat badan secara alami maka ikuti langkah-langkah berikut, pertama plan a head, jika menu sehat seimbang tidak bisa anda dapatkan selain di rumah, maka anda dapat tetap mengonsumsi pola makan sehat seimbang dengan menyiapkan bekal dari rumah. Usahakan menyiapkan makanan dengan diet rendah energi, seimbang, dan teratur. Kedua check behavior, selidiki seberapa sering anda mengonsumsi makanan kecil dan alasannya. Apakah saat marah, sedih, bosan, menonton televise atau yang lainnya? Cobalah untuk mengalihkannya dengan hal yang lain, selain mengemil. Jika tcemilan tidak bisa dialihkan, cobalah mengganti cemilan anda dengan buah-buahan.

Upaya lainnya yang patut untuk dicoba adalah perbanyak konsumsi air putih, makan sebelum tidur, batasi asupan permen, cokelat, biskuit dan makanlah dengan irama perlahan karena otak manusia membutuhkan waktu 15-20 menit untuk mendapatkan sinyal kenyang. Makan dengan waktu yang lebih lama menyebabkan lambung cepat mendapatkan rasa kenyang sehingga mulut tidak ingin makan lebih banyak lagi.

Dan juga perlu diingat bahwa jangan makan sambil melakukan hal yang lain, jangan lupakan sayur dan buah, batasi penggunaan minyak dalam memasak, jangan sekali-kali melewatkan sarapan, pilih bahan makanan yang tidak berlemak, gunakan produk non-fat, perhatikan penyimpanan makanan dengan hindari menyimpan snack di tempat yang mudah terjangkau, sehingga memudahkan anda tergoda untuk mengambil dan memakannya.

Namun, jika anda sudah melakukan berbagai upaya dan masih tetap gemuk maka ini perlu dilihat factor lainnya. Karena banyak factor yang menyebabkan seseorang manjadi gemuk. Faktor tersebut adalah faktor genetik atau keturunan, kerusakan pada salah 1 bagian otak, pola makan berlebihan, kurang bergerak atau jarang olahraga, ketidakstabilan emosi, dan lingkungan.

Sangat mudahkan untuk menjadi langsing dan yang paling penting adalah niatkan dalam diri dan jalani hidup sehat. Yuk biasakan hidup dengan pola makan yang sehat dan hindari makanan serta aktivitas yang dapat menurunkan kestabilan dan kesehatan tubuh anda.

Dibuat oleh : Ade Yanti Efendi

# diperoleh dari berbagai sumber

1,116 total views, 1 views today