Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

PENJUAL SAYURAN KELILING BERJUANG SEHAT

Siang itu, Suminih sedang duduk disamping bed Jamhari yang sedang melakukan tindakan cuci darah atau hemodialysis. Aktivitas ini sudah dilakukannya selama dua bulan. Tidak ada raut wajah lelah yang ditunjukan oleh Suminih. Ia melakukan ini dengan suka cita.

Jamhari mengidap gagal ginjal, dengan gejala yang sering ditunjukannya adalah sesak napas. Ia sudah menjadi member RS Rumah Sehat Terpadu DD sejak lima tahun yang lalu, begitu pula dengan Suminih. “Melihat kondisi bapak pada saat itu, tetangga menyarankan untuk berobat ke LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma)” ucapnya dengan aksen jawa. Suminih lahir di Indramayu, jadi wajar aksen tempat kelahirannya masih melekat.

Suminih, wanita 65 tahun ini kesehariannya menjual sayuran keliling untuk menafkahi keluarganya. “Jam enam saya pergi ke bulakan atau kebun sayuran dan menjajahkannya pukul tujuh pagi karena kalau kesiangan sayuran tidak akan laku” tambahnya. Selain kangkung, Suminih menjual sayuran lainnya yang tersedia kala itu seperti, bayam dan lalapan lainnya. Biasanya sayuran yang dijual sebanyak 15 hingga 20 ikat.

Berdasarkan keterangan Suminih, Suparno anak keempatnya kini memilih untuk kerja serabutan dari pada kerja tetap. Ini dilakukan agar Suparno mudah menjaga sang ayah, Jamhari. Suparno kini hidup satu atap dengan Suminih dan Jamhari serta istri dan anaknya. Meskipun rumahnya kini menyatu dengan anaknya yang juga sekali-kali memberikan support untuk kehidupannya, namun Suminih tidak ingin hanya mengharapkan dari bantuan anaknya.

Setiap akan melakukan cuci darah di RS Rumah Sehat Terpadu DD, Suminih mengantarkannya menggunakan angkutan umum. Keuntungan menjual sayuran, Suminih gunakan untuk membayar ongkos angkutan umum dan keperluan lalinnya. Meskipun keuntungan menjual sayur ini hanya seribu rupiah, namun Suminih sangat mensyukuri nikmat ini.

“Menjual sayuran saja sudah cukup neng” tutupnya pada kesempatan itu. Kalau saja rumahnya berada tepat dipinggir jalan, Suminih memiliki mimpi untuk membuka usaha berdagang. Namun, rumahnya berada di sudut jalan dan tertutup rumah-rumah lain. Bersama kita bantu Suminih untuk menyembuhkan Jamhari, juga do’a kita panjatkan untuk kelancaran hidupnya. Bantuan dapat disalurkan ke rekening BNI Syariah dengan nomor rekening 0298535912 atas nama Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa. Terima kasih. (um)

821 total views, 1 views today