Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

SOLUSI ANAK PICKY EATER UNTUK HARI GIZI NASIONAL DI RST

Hari Gizi Nasional jatuh pada 25 Januari, hal ini diperingati pertama kali oleh LMR (Lembaga Makanan Rakyat) pada pertengahan tahun 1960-an, dan dilanjutkan oleh Direktorat Gizi pada tahun 1970-an hingga sekarang. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan tanggal 26 Januari 1951. Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Di kemudian hari disepakati bahwa hari gizi nasional ditetapkan menjadi tanggal 25 Januari.

Untuk memperingati hari gizi nasional tersebut, RS Rumah Sehat Terpadu DD pun mengadakan kegiatan seminar dan talkshow dibidang gizi dengan tema “Solusi Cerdas Mengatasi Anak Picky Eater”. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 30 Januari 2016 dan bertempat di Aula Teater Dzikir RS Rumah Sehat Terpadu DD. Meskipun kami melaksanakan lima hari setelah hari gizi nasional (25 Januari), namun atmosfer hari gizi masih terasa pada saat itu. Bagaimana tidak, kami melaksanakan acara yang sangat bertajuk dengan gizi dan dihadiri oleh sebagian besar terlibat dalam dunia gizi.

Peserta yang berpartisipasi dalam acara tersebut terdiri dari praktisi gizi dari berbagai instansi, mahasiswa dengan jurusan gizi, orang tua dan tentunya pasien member RS Rumah Sehat Terpadu DD dengan persoalan gizi yang dialaminya. Jumlah peserta yang mendaftar lebih dari 150 orang, namun dibatasi hingga 100 orang.

Kegiatan bertajuk anak-anak ini mengangkat persoalan yang memilih-milih makanan atau kita sebut saja Picky Eater yang disampaikan tiga nara sumber. Ketiganya terdiri dari Rosnalisa, M.Psi, Cht, yang menyampaikan persoalan Picky Eater dari segi psikologi dimana pola asuh kepada anak sangat mempengaruhi pola makan anak. Kemudian dilanjut dengan Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, yang menyampaikan tips untuk mengatasi Anak Picky Eater dan perlu diketahui bahwa Rita Ramayulis ini telah menulis 25 buku dibidang gizi. Nara sumber terakhir adalah Endang Titi Amrihati, SKM, M.Kes, yang menyampaikan menu kreatif untuk anak picky eater, dimana dengan begitu para ibu akan membuat hidangan yang lebih variatif lagi.

“Acara untuk Picky Eater  ini sangat jarang, mengingat persoalan yang dihadapi para ibu, khususnya ibu baru adalah anak yang sulit sekali makan karena pilih-pilih. Semoga dengan acara ini para orang tua dapat mengambil peran untuk menentukan pola asuh yang sesuai dengan karakteristik anaknya”. Ucap Ade, yang merupakan ketua panitia seminar dan talkshow ini.

“Menentukan pola asuh ternyata tidak direncanakan ketika menginjak usia awal kehamilan, namun ditentukan sejak remaja sebelum menikah” terang Rita Ramayulis, salah satu nara sumber dalam acara tersebut.

Sebagai remaja, mari kita sama-sama merencanakan pola asuh yang tepat sehingga akan mengurangi persoalan anak-anak yang pilih-pilih makanan. Semoga dengan seminar “Solusi Cerdas Mengatasi Anak Picky Eater” ini akan memberikan pemahaman kepada para ibu dan para calon ibu bahwa si kecil memiliki karakternya masing-masing sehingga perlu ada pola asuh yang tepat. Terima kasih. (um)

904 total views, 3 views today