Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

SEMANGAT SENAM SEHAT

LAPANGAN PARKIR, Jumat 12 Februari 2012 – Pagi itu, halaman depan RS Rumah Sehat Terpadu DD tidak seperti pagi biasanya. Puluhan warga sekitar Jampang termasuk karyawan rumah sakit bergabung dalam Senam Jumat Sehat. “Kami bersama-sama teman-teman setiap Jumat selalu ke sini. Senang plus sehat,” tutur Ibu Nyai (45 tahun), salah satu peserta senam, sembari menikmati bubur sumsum seusai senam. Ya, sarapan ringan yang disediakan oleh panitia Senam Jumat Sehat menjadi salah satu penambah semangat para peserta senam.

senam jumat (d)

Suasana senam sehat di hari Jumat

Senam Jumat Sehat ini sudah berjalan rutin setiap Jumat sejak Januari 2015 lalu. Mulanya memang senam sengaja diselenggarakan untuk karyawan, pasien, dan penunggu pasien. Namun, agar manfaat sehatnya kian dapat dirasakan oleh semua orang, RS Rumah Sehat Terpadu juga mengajak warga sekitar rumah sakit untuk ikut senam sehat bersama. Nilai edukasi menjadi poin yang berbeda dari senam biasanya. Setelah sesi pendinginan, kali ini instruktur senam menyampaikan pesan kesehatan bapak-ibu peserta tetap rutin berolahraga khusus (seperti senam) minimal 2 kali seminggu dan minum minimal 12 gelas sehari.

Bapak-bapak pun turut berolahraga bersama tim senam Jumat RS Rumah Sehat Terpadu DD

Bapak-bapak pun turut berolahraga bersama tim senam Jumat RS Rumah Sehat Terpadu DD

Seperti senam pada umumnya, Senam Jumat Sehat terdiri atas gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan pendidikan. Dipandu oleh Kholis (32 tahun), peserta senam yang mayoritas bapak-ibu paruh baya bergerak lincah mengikuti gerakan instruktur. Kholis sengaja memadukan gerakan dasar senam dengan beberapa kreasinya agar peserta lebih senang dan asyik menikmati senam yang diikuti. “Senam yang dilakukan dengan fokus dan rasa bahagia, tentunya akan memberikan efek sehat lebih optima. Membakar kalori sekaligus membentuk massa otot,” tambah Kholis, instruktur Senam Jumat Sehat yang juga staf Customer Service RS Rumah Sehat Terpadu DD.

Nurkholis, instruktur senam sehat

Nurkholis, instruktur senam sehat

RS Rumah Sehat Terpadu juga mengajak para lansia, baik pasien maupun warga Jampang dan sekitarnya, untuk mengikuti Senam Lansia setiap hari Jumat pukul 07.00 pagi pada pekan ketiga setiap bulan. Di akhir senam, tim Promosi Kesehatan pun memberikan uraian edukasi kesehatan dengan tema yang bergantian setiap bulannya. Dengan begitu, pihak rumah sakit berharap manfaat keberadaan rumah sakit dapat semakin luas terasa. (dita)

1,211 total views, 3 views today