Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

OLAHRAGA TERATUR BISA BANTU MEREGENERASI OTAK

Sehat merupakan anugerah yang tak ternilai harganya. Berbagai cara rela dilakukan oleh semua orang demi memiliki tubuh yang sehat, salah satunya dengan berolahraga. Olahraga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Beragam penelitian bahkan menunjukkan bahwa mereka yang memiliki tubuh sehat cenderung memiliki otak yang lebih besar dan ingatan yang baik.

Sehatnya otak ini bahkan juga dapat memicu pertumbuhan sel baru yang dapat membuat seseorang terhindar dari penyakit alzheimer. Hal ini disampaikan pakar neurologi dari Oxford University, Heidi Johansen-Berg. Menurutnya, aktivitas fisik dan kognitif otak mempengaruhi pertumbuhan otak yang berkaitan dengan usia dan penurunan otak.

“Aktivitas fisiknya juga tidak perlu yang berat karena selain dapat menyehatkan jantung, berolahraga rutin juga sangat baik bagi perkembangan otak. Sudah banyak penelitian yang dilakukan mengenai hal ini,” jelas dia seperti yang dilansir Dailymail, Senin (2/5).

Senam Bugar Jumat bersama Rumah Sehat Terpadu (dok. RST)

Senam Bugar Jumat bersama Rumah Sehat Terpadu (dok. RST)

Secara ilmu kedokteran, hubungan antara olahraga dan perkembangan otak menunjukkan aliran darah ke otak dan jantung mengalir dengan lancar. Sehingga, pasokan oksigen dan nutrisi penting dapat diterima tubuh agar tetap sehat.

Penelitian terbaru lainnya juga menunjukkan, berlatih jalan cepat dapat membantu meregenerasi sel otak menjadi lebih muda. Selain itu, hal ini juga dapat merangsang sel otak baru yang dapat mencegah dan melawan penyakit alzheimer di kemudian hari.

Profesor Linda Clare, seorang ahli neurologi di Exeter University, mengungkapkan, dengan berjalan cepat dan bersepeda saja bisa memberikan dorongan positif pada otak agar selalu sehat. Sayangnya, kata dia, masih banyak yang kurang memercayai hubungam antara aktivitas fisik dan kesehatan otak. Sehingga, mereka jarang melaksanakan aktivitas fisik setiap hari.

“Padahal, gaya hidup sangat memengaruhi cara kerja otak dan jantung kita. Semakin sering melakukan aktivitas fisik, maka otak dan jantung akan semakin sehat. Karena keduanya saling berkaitan. Jadi, apa yang baik untuk jantung tentunya juga sangat baik untuk perkembangan otak manusia,” ungkapnya.

Sementara, Dr Clare Walton dari Alzheimer Society mengatakan, olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat. Namun, yang penting adalah harus rutin dilakukan selama 15-30 menit setiap hari.

“Ada baiknya lagi, konsultasikan jenis kegiatan fisik apa yang terbaik untuk kita dengan dokter. Olahraga juga tidak perlu selalu pergi ke tempat gim, bahkan olahraga bisa dilakukan di mana saja baik di rumah maupun di kantor,” kata dia.

(dilansir dari Republika 9 Mei 2016 – rep: Aprilia Safitri Ramdhani)

Senam Bugar Lansia Rumah Sehat Terpadu

Senam Bugar bersama tim PKRS Rumah Sehat Terpadu (dok. RST)

Senam Bugar bersama tim PKRS Rumah Sehat Terpadu (dok. RST)

Bertambahnya usia seharusnya tidak menjadi alasan bagi bapak ibu lansia (lansia) untuk malas berolahraga. Justru aktivitas fisik/bergerak rutin setiap pagi hari baik untuk menjaga kelenturan otot dan sendi sehingga para lansia tidak akan mengeluh sakit-sakit di persendiannya. Kabar gembira bagi bapak ibu lansia yang bertempat tinggal di sekitar Jampang, Bogor, tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Rumah Sehat Terpadu rutin menyelenggarakan Senam Bugar Lansia setiap hari Jumat pekan ketiga setiap bulannya. Tentunya dengan ragam gerak yang diperuntukan dan sesuai bagi lansia. Siapapun yang ingin bergabung berolahraga dapat langsung datang ke Lapangan Parkir Rumah Sehat Terpadu di Jalan Raya parung KM 42, Jampang, Bogor pukul 07.00 WIB. Khusus bulan Mei ini, dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1437 H, Senam Bugar Lansia 21 Mei 2016 akan hadir dengan tema edukasi “Sehat Bugar selama Puasa”. Dan bagi sahabat yang ingin ikut berpartisipasi berdonasi untuk kegiatan edukasi kesehatan dapat mengubungi kami melalui SMS Donasi di 0877 0992 3187. (dita)

637 total views, 1 views today