Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

CEGAH HIPERTENSI DI RUMAH

Perawatan terhadap penderita hipertensi atau penyakit yang lain di rumah dilakukan oleh keluarga secara optimal. Baik itu orangtua, anak, saudara kandung, atau keluarga yang tinggal pada saat itu di rumah. Keinginan pun didasari oleh keinginan dari dua belah pihak. Baik itu penderita maupun keluarga jika kondisi penderita memungkinkan. Setiap anggota keluarga memiliki peran yang sama untuk mengetahui cara perawatan hipertensi di rumah. Ketika penderita hipertensi membutuhkan bantuan maka keluarga harus siap sedia. Tidak boleh ada saling memaksa karena cara perawatan hipertensi di rumah dilakukan dengan cara yang tenang dan tidak membuat penderita menjadi terbebani. Perawatan yang dilakukan pun juga berdasar atas anjuran dari dokter ahli. Sehingga yang menjadi tujuan utama dalam perawatan tersebut adalah mengupayakan penderita hipertensi dapat segera sembuh.

Faktor Penyebab Hipertensi

Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mengidap penyakit ini sangatlah bermacam. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga masalah keturunan. Ada baiknya seseorang mengetahui cara perawatan hipertensi, sehingga apabila ada suatu masalah yang tiba-tiba, cara perawatan hipertensi tersebut bisa menjadi pertolongan pertama untuk sang penderita.

  1. Faktor pertama yang paling sering ditemukan sebagai penyebab penyakit hipertensi adalah faktor keturunan. Pada kenyataanya bukan hanya warna kulit, sifat dan cirri fisik lainnya saja yang diturunkan oleh para orang tua kepada anaknya, tetapi juga, sayangnya, resiko menderita penyakit darah tinggi. Apabila salah satu atau bahkan dua dari orang tua anda memiliki sejarah penyakit ini, maka ada kemungkinan besar anda juga mengidap hal yang sama. Segeralah mencari pertolongan dokter dan memeriksanya agar anda mendapatkancara perawatan hipertensi yang tepat.
  2. Selain karena keturunan, salah satu penyebab penyakit hipertensi juga dikarenakan oleh bertambahnya usia. Pertambahan usia pada seseorang dapat mengakibatkan elastisitas pembuluh darah menjadi meningkat, hal ini juga dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Carilah dan pelajari cara perawatan hipertensi apabila anda sudah positif terdiagnosa memiliki penyakit ini.
  3. Jenis kelamin atau gender. Pria lebih beresiko untuk mengidap penyakit ini dibandingkan wanita.
  4. Sedentary Lifestyle. Kebanyakan orang-orang yang kurang bergerak atau kurang melakukan berbagai macam aktifitas lebih rentan untuk terkena penyakit ini. Bukan hal yang mengherankan apabila menurut sebuah survey dan penelitian, orang-orang yang tinggal di kota-kota besar lebih sering terkena penyakit hipertensi dari pada mereka yang tinggal di kota kecil atau pedesaan dan sering melakukan aktifitas. Duduk secara terus menerus dan kurang berolah raga dapat meningkatkan resiko menyempitnya pembuluh darah pada seseorang. Sehingga ada kemungkinan pembuluh darah akan menyumbat dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
  5. Pola makan yang salah juga bisa menjadi penyebab seseorang untuk menderita penyakit hipertensi. Memakan makanan yang mengandung banyak kalori, gula, lemak dapat meningkatkan tekanan darah. Anda juga perlu mengurangi asupan garam dalam tubuh karena darah dapat menahan cairan dan menyebabkan hipertensi menjadi lebih buruk.
  6. Selain itu, hipertensi juga biasanya disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan. Apa bila BMI atau indeks masa tubuh anda mencapai 30 atau bahkan lebih, anda masuk ke dalam kategori kelebihan berat badan sehingga memiliki resiko untuk menderita penyakit ini.
  7. Faktor yang terakhir adalah gaya hidup yang tidak sehat. Sering merokok dan minum-minuman beralkohol dapat menyebabkan penyakit darah tinggi ini.

Cara Perawatan Hipertensi Di Rumah

Pertama, penderita hipertensi tentu harus mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter. Keluarga pun juga harus memantau penderita untuk istirahat yang cukup. Dalam melakukan cara perawatan hipertensi di rumah juga dapat dilakukan dengan keluarga melarang penderita hipertensi untuk mengkonsumsi dan minum hidangan tertentu. Kedua, lebih baik lagi keluarga menentukan apa hidangan yang harus di konsumsi oleh penderita hipertensi sebagai cara cara perawatan hipertensi di rumah. Peran keluarga harus sama seperti dokter maupun perawat di rumah sakit. Hal ini juga harus dilakukan oleh setiap anggota keluarga. Agar tidak terkena imbas yang sama dengan penderita hipertensi, maka setiap anggota keluarga juga harus dapat mengontrol apa yang mereka konsumsi. Sebab dalam cara perawatan hipertensi di rumah tidak terfokus hanya pada si penderita saja namun juga seluruh anggota keluarga yang ada. Akan percuma jika penderita tertib untuk tidak mengkonsumsi hidangan pemicu hipertensi namun ada salah satu anggota keluarga yang mengkonsumsi. Jika itu terjadi maka perawatan yang dilakukan oleh keluarga sama saja gagal. Ketiga, keluarga harus dapat bekerja sama dengan baik untuk saling mengingatkan. Keberadaan penderita hipertens di rumah harus menajdi peringatan keras bagi keluarga itu sendiri. Bahwa kesehatan adalah jaminan untuk melangsungkan hidup elbih baik dan bermanfaat.

Hindari Hidangan Yang Dilarang

Dalam cara perawatan hipertensi di rumah, setiap anggota keluarga harus mengenali apa saja hidangan yang dilarang untuk dikonsumsi bagi penderita. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa hidangan ini juga lebih baik dihindari oleh keluarga. Mungkin jika ingin mengkonsumsi tidak setiap hari namun lebih baik seratus persen dihindari. Pertama, hidangan yang dapat memicu hipertensi adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi seperti penyedap atau olahan yang lain. Kedua, hindari mengkonsumsi minuman dengan kadar alcohol yang tinggi. Ketiga, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman secara sembarangan dan menjadi gemuk maka hipertensi akan mengintai. Bagi yang suka merokok setiap hari, sebagai anggota keluarga yang peduli dengan perawatan keluarga dengan memperingati untuk tidak mengindarinya. Untuk itu kelaurga harus tahu dan peduli tentang apa yang akan dikonsumsi baik oleh penderita hipertensi maupun yang sehat. Melalui cara perawatan hipertensi di rumah maka diharapkan keluarga mampu hidup dengan lebih sehat.

Keluarga yang terpenting harus dapat sehat dengan mengatur gaya hidup. Ketika salah satu anggota keluarga ada yang menderita hipertensi maka potensi ini dapat berimbas ke anggota keluarga yang lain. Untuk itu cara perawatan hipertensi di rumah sangat tepat karena secara tidak langsung juga untuk memperingatkan dan juga untuk mengatur gaya hidup keluarga agar lebih sehat lagi.

#diperoleh dari berbagai sumber

513 total views, 2 views today