Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

SIAPKAN SI KECIL UNTUK BERPUASA

Pada bulan suci ramadhan, seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa dengan menahan hawa nafsu dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Kewajiban berpuasa dilakukan oleh mereka telah melewati masa balighnya. Namun, kebiasaan berpuasa dapat ditanamkan sejak dini kepada si kecil.

Berdasarkan laman Pediatrica Gadjah Mada, orangtua boleh memperkenalkan puasa kepada anak saat memasuki usia empat tahun. Bagaimana memulai anak puasa? Latih anak untuk makan sahur bersama dan berpuasa selama beberapa jam selama beberapa hari. Semakin dewasa usia anak, berikan rentang waktu berpuasa lebih lama seperti setengah hari pada minggu berikutnya dan dilanjutkan berpuasa hingga waktu berbuka.

Berdasarkan penelitian, berpuasa memberi dampak positif bagi perkembangan fisik dan mental anak. Beberapa ahli meyakini puasa meningkatkan hormon pertumbuhan anak dan meningkatkan daya tahan tubuh. Secara psikologis anak yang berpuasa memiliki pola hidup lebih disiplin, sabar, mau berbagi dan mengendalikan diri. Namun, karena si kecil memiliki kemampuan terbatas, jangan memaksakan mereka berpuasa. Berikut akan dijelaskan mengenai tips-tips yang perlu orang tua siapkan untuk si kecil.

Perkenalkan Dulu Makna Berpuasa pada Si Kecil

Hal utama dan paling penting yang harus dilakukan pertama kali saat mengajari anak berpuasa adalah tentu sebagai orang tua kita harus memperkenalkan kepada si kecil arti berpuasa yang sebenarnya. Semakin dini kita memperkenalkan puasa kepada si anak, semakin cepat juga mereka akan mengerti tentang makna kenapa harus berpuasa setiap tahunnya. Anak sudah bisa diajari tentang berpuasa sejak umur 4 – 6 tahun. Sebaiknya untuk memberikan pengetahuan tentang arti ramadhan, kita bisa menggunakan bahasa yang ringan dan cara yang menyenangkan. Salah satu caranya bisa melalui cerita – cerita atau dongeng islami.

Jangan Terburu – Buru, Biarkan Anak Berpuasa Secara Bertahap

Bagi anak kecil tentu menjalankan puasa bukan lah hal yang mudah. Kita juga tidak bisa langsung mengajarkan si kecil untuk berpuasa selama satu hari penuh. Semuanya harus dilakukan secara bertahap sampai si anak mulai terbiasa. Kita bisa melatihnya untuk menahan lapar dan makan tapi tidak sampai kekenyangan. Nah, ketika anak sudah mulai terbiasa baru lah dia bisa diajak berpuasa secara bertahap, misalnya seminggu pertama anak berpuasa selama setengah hari, lalu mungkin untuk minggu berikutnya puasa bisa dilakukan sampai satu hari jika anak sudah mulai kuat.

Berikan Semangat Serta Motivasi pada Si Kecil di Hari Pertamanya Berpuasa

Puasa dengan tidak makan dan minum tentu akan membuat si kecil tidak bersemangat karena belum terbiasa. Untuk itu, sebagai orang tua kita harus bisa memberikan semangat dan motivasi buat si kecil. Jika si kecil bisa menyelesaikan puasanya, jangan ragu – ragu untuk memberikan pujian. Dengan pujian tersebut si anak akan lebih bersemangat untuk menjalankan puasa keesokan harinya. Agar si anak tidak kehilangan semangat untuk berpuasa, anda bisa melakukan hal – hal yang menyenangkan bersama si kecil agar puasa yang dia jalankan tidak terlalu terasa.

Sibukkan Anak Saat Berpuasa

Ciptakan kegiatan yang menarik selama bulan ramadhan, karena biasanya sekolah berlangsung lebih cepat saat ramadhan. Aktivitas bermain yang tak menguras tenaga akan membuatnya lupa bahwa ia sedang berpuasa. Misalnya bacakan buku cerita yang berisi nilai-nilai positif, yakni kumpulan kisah Rasulullah dan sahabat-sahabatnya.

Menghadiahi Si Kecil dengan Hadiah Karena Sudah Berpuasa

Setelah si buah hati selesai melaksanakan puasanya atau berpuasa selama satu hari penuh,andabisa memberikannya reward berupa hadiah saat hari raya Idul Fitri tiba. Hadiah tersebut bisa berupa barang yang sudah sejak lama ia inginkan, uang jajan, atau baju baru dan lain sebagainya. Dengan menghadiahinya sesuatu karena menjalani puasa akan membuat si anak merindukan lagi masa-masa puasa di tahun berikutnya.

Menyajikan Menu Favoritnya Bisa Jadi Penyemangat Buat Si Kecil Menjalani Puasa

Menyajikan makanan favoritnya terutama saat sahur akan menjadi penyemangat bagi si kecil untuk bangun pagi dan makan sahur. Selain itu anak juga bisa lebih bersemangat menjalani masa puasanya. Namun, tetap perhatikan kandungan gizi pada menu yang akan disajikan. Pilih lah makanan yang mengandung gizi seimbang agar si kecil memiliki energi yang lebih untuk menjalani puasanya.

#diperoleh dari berbagai sumber

577 total views, 1 views today