Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

SIAP UNTUK BULAN SUCI

Bulan ramadhan atau biasa masyarakat menyebutnya sebagai bulan suci adalah dimana semua masyarakat muslim melaksanakan ibadah puasa dari terbitny sang fajar hingga terbenamnya mtahari. Bulan ini dilaksanakan satu tahun satu kali dengan hadiah perayaan Idul Fitri diakhir bulannya. Bulan ini dikatakan suci karena berlimpahnya berkah dan pahala. Untuk itu, apakah kita sudah melakukan persiapan-persiapan dalam menyambut kedatangan bulan suci ini ? dan bagaimanakan persiapan kita untuk menyambut bulan mulia tersebut? Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan tubuh agar tetap sehat dalam menyambut bulan suci ramadhan.

1. Pola Makan

Hampir sebaian besar penyakit dimulai dari perut atau makanan yang kita makan. Jadi untuk menjaga kesehatan maka perlu melakukan pola makan yang sehat dan teratur. Pola makan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh menyambut ramadhan. Dengan begitu, pastikan makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan pola makan sehat ini adalah:

  • Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.
  • Jangan lupakan konsumsi buah dan sayur.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Kurangi konsumsi gula
  • Batasi konsumsi makanan berlemak.
  • Kurangi konsumsi gorengan.

2. Berolahraga

Selain dari pola makan, hal lain yang harus diperhatikan adalah jantung, pernafasan dan peredaran darah agar menjadi lebih stabil. Cara ini cukup mudah yaitu berolahraga setiap hari dengan kegiatan yang ringan seperti jalan ditempat, jalan kaki, senam, joging, bersepeda, atau melakukan olah raga penuh seperti fitness, sepak bola dan dsb.

Olahraga teratur penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sisihkan waktu minimal lima belas menit untuk olahraga ringan setiap hari. Tidak perlu olahraga yang membutuhkan perlengkapan mahal. Cukup dengan lari-lari kecil di halaman rumah saja setiap hari sudah cukup memberikan manfaat positif bagi tubuh.

3. Mengurangi Kebiasaan Buruk

Kebiasaan negatif yang dianggap sebagai kebiasaan buruk seperti merokok sebaiknya di kurangi untuk menyambut datangnya bulan ramadhan ini karna ketika nanti puasa sudah mulai, tentu mau tidak mau akan berhenti merokok. Selain dibulan ramadhan, merokok pun seharusnya dikurangi atau dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Kebiaasaan buruk lain yang perlu dikurangi, bahkan dihindari adalah mengonsumsi alkohol.

4. Hindari Stress

Hilangkan semua beban dan tekanan atau stress dalam menyambut bulan ramadhan. Untuk menghindari stress tiap individu akan melakukan hal yang berbeda-beda, seperti browsing, dengarkan musik, main musik, berolahraga, chatting, makan, ngobrol, nonton, jalan-jalan, dsb. Paling penting dari upaya itu semua adalah menghindari pikiran yang negatif dan selalu terbuka untuk hal dan pikiran positif.

5. Menjaga Kebersihan Tubuh

Dengan menjaga kebersihan tubuh maka segala kuman dan bakteri yang menempal pada tubuh, akan hilang. Dan tentunya dengan menjaga kebersihan bisa membuat tubuh seperti rambut, kuku, wajah, mata, kulit, mulut, dll, dapat membuat nyaman dan sehat sehingga penyakit tidak mudah datang.

6. Biasakan Tidur Yang Cukup

Dengan tidur yang cukup dapat membuat tubuh bugar dan bersemangat. Jika tidak dibiasakan tidur dengan cukup, maka ketika bangun tidak segar. Selain merusak tubuh, kekurangan tidur juga berdampak pada mental atau psikis seseorang. Karena itu dianjurkan sekali untuk tidur yang cukup.

#diperoleh dari berbagai sumber

504 total views, 3 views today