Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

PENTINGNYA CEK TEKANAN DARAH SECARA RUTIN

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Istilah ini tidak hanya sekedar kata, namun memiliki makna yang memang nyata. Istilah ini sangat penting kita terapkan dalam diri kita. Mencegah dari berbagai penyakit sangat penting jika dibandingkan dengan mengobatinya. Berkaitan dengan mencegah, cek tekanan darah secara rutin termasuk salah satu cara mencegah berbagai penyakit.

Tekanan darah normal biasanya 120/80 sampai 140/85mm Hg, jika tekanan darah dibawah angkat tersebut berarti dia mengalami darah rendah sedangkan untuk orang yang memiliki tekanan darah melebihi batas tersebut dia bisa dikatakan memiliki tekanan darah yang tinggi. Dikatakan pra-hipertensi jika tekanan darah sistolik mencapai 120-139 mmHG dan tekanan darah diastolik 80-90 mmHG. Jika tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHG dan diastolik lebih dari 90 mmHG maka sudah termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi yang dimana tekanan darah berada pada ukuran yang tidak normal atau berada lebih tinggi dari seharusnya. Kondisi ini dapat menjadi penyebab terjadinya suatu penyakit berbahaya serta serius yang dapat menyebabkan penderitanya kehilangan nyawa, karena memang hipertensi merupakan penyakit diam yang mematikan.

Pengontrolan secara rutin dan teratur tekanan darah dapat menjadi suatu cara yang tepat untuk menghindari resiko penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa. Karena memang penurunan yang dapat terjadi dari kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi di indonesia ini sangat bisa sekali dicegah, dengan cara cek hipertensi secara teratur. Maka, baik itu anda sedang sakit atau bahkan sedang tidak sakit sangat dianjurkan sekali cek hipertensi. Karena hipertensi ini terkadang tidak menunjukkan gejala yang khusus sehingga sering disebut dengan silent killer.

Selain dengan rutin mengontrol tekanan darah, sangat disarankan sekali menjaga pola hidup menjadi lebih sehat, menghindari gaya hidup buruk yang dapat menjadi pemicu terjadinya hipertensi, serta lain sebagainya, sehingga dengan menghindari penyebab tersebut anda dapat terhindar pula dari resiko penyakit berbahaya dan mematikan.

Serangan jantung dan penyakit pembuluh darah adalah dua jenis gangguan kesehatan yang berupaya dihindari dengan memantau angka tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah. Jenis pemeriksaan ini amat penting dilakukan karena penyakit jantung dan stroke seringkali muncul mendadak, tanpa disertai gejala awal. Idealnya, jenis pemeriksaan ini dilakukan setiap setahun sekali melalui cek darah.

#diperoleh dari berbagai sumber

614 total views, 3 views today