Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

HINDARI KEBIASAAN INI DI BULAN RAMADHAN

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan dibukanya kemudahan untuk melakukan kebaikan. Allah SWT akan senantiasa melipatgandakan pahala bagi siapa saja yang melakukan kebaikan. Namun, disamping itu masih saja terdapat kebisaan-kebiasaan yang dianggap buruk yang masih dilakukan pada bulan suci ini. Untuk itu perhatikanlah kebiasaan-kebiasaan tersebut, agar dapat segera dihindari.

Terlalu Banyak Makan Manis

Pada saat tubuh kita berpuasa, kadar gula darah akan menurun. Tubuh akan merespon penurunan gula darah ini dengan munculnya rasa lapar saat berpuasa. Maka saat berbuka umumnya kita akan mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat/gula sederhana agar cepat meningkatkan kadar gula darah seperti, antara lain gula pasir atau makanan manis. Saat baru berbuka, banyak orang langsung menikmati takjil manis. Hal tersebut diperbolehkan, asal jumlahnya tidak banyak. Semangkuk kecil kolak pisang sudah cukup, tidak perlu sampai memakai ukuran mangkuk bakso.

Namun, orang terkadang tidak sadar bahwa konsumsi gula pasirnya berlebih, yang dapat berasal dari es buah, kolak, dll. Sehingga yang dikhawatirkan adalah meningkatnya kadar gula dalam darah, yang menyebabkan terjadinya lonjakan hormon insulin. “Lonjakan hormon insulin ini yang kemudian meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin atau bahkan diabetes melitus tipe 2. Risiko ini akan semakin meningkat bagi orang-orang yang memang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Oleh karena itu, dianjurkan mengkonsumsi kurma pada saat berbuka sesuai sunnah Rasulullah, karena kurma juga mengandung kadar gula sederhana. Dan sebaiknya konsumsi apapun itu memang harus dengan takaran yang seimbang,” pesan Ade Yanti, S.Gz, Ahli Gizi RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Selain itu, menurut  DR. dr. Saptawati Bardosono (dokter dari Departemen Ilmu Gizi  FKUI), mengkonsumsi makanan yang terlalu manis dan karbohidrat akan meningkatkan gula darah secara cepat tetapi juga akan menurunkannnya secara drastis di saat yang bersamaan, sehingga akhirnya akan membuat tubuh kamu kekurangan zat gula dan mengakibatkan tubuh kamu menjadi cepat lemas, cepat lapar dan mengantuk.

Banyak Makan Saat Berbuka Puasa

Saat jam berbuka tiba, banyak orang lapar mata dan memakan apa saja yang terhidang hingga perut terasa penuh. Kebiasaan ini sangat buruk, karena selama seharian, sistem pencernaan sedang beristirahat, sehingga mengonsumsi makanan yang banyak sekaligus akan membuat kerja pencernaan lambat dan berat. Makanlah sedikit-sedikit dan kunyah perlahan. Otak perlu waktu sekitar 7 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang. Makan secukupnya sesuai kebutuhan.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Lemak dan Kalori

Pada saat berbuka puasa yang sering terjadi, banyak orang sengaja memanjakan tubuh dengan makanan enak yang tinggi lemak dan kalori. Hal ini terjadi biasanya sebagai bentuk ‘balasan’ karena tubuh sudah berpuasa selama satu hari. Padahal saat berbuka puasa, makanan harus berimbang. Ada asupan karbohidrat, protein, lemak sehat dan serat.

Melewatkan Waktu Sahur

Banyak orang melewatkan waktu sahur karena malas bangun, capek dan malas memasak. Padahal waktu sahur adalah saat yang tepat untuk mengisi tubuh dengan energi, termasuk waktu yang tepat untuk mengonsumsi cairan. Menikmati makanan kaya serat dan tinggi protein dapat membantu tubuh tidak mudah lapar seharian.

Sedikit Mengonsumsi Buah dan Sayur

Selama berpuasa dan kita tetap menjalani aktifitas kita seperti biasa, begitu pun tubuh kita yang tetap membutuhkan asupan nutrisi seperti serat dan vitamin. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah kita akan membantu  sistem pencernaan yang sangat membutuhkan serat untuk mengolah makanan yang masuk. Tetapi, kebiasaan masyarakat akan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan kalori sehingga mengurangi porsi buah dan sayur. Padahal organ pencernaan Anda membutuhkan banyak serat untuk bekerja dengan baik. Tidak heran jika banyak yang mengalami masalah susah membuang air besar ketika puasa. Konsumsi buah segar saat berbuka puasa. Anda bisa mencoba buah kaya air seperti semangka, blewah, melon dan sebagainya.

Kurang Minum

Salah satu efek samping banyak makan saat berbuka puasa adalah kurang minum. Perut yang terasa sesak tidak kuat menampung minuman. Karena itu, makanlah secukupnya dan perbanyak konsumsi air putih. Tubuh Anda memerlukan cairan agar tetap fit dan siap menjalankan ibadah selanjutnya. Selama puasa kamu dianjurkan untuk minum paling tidak sebanyak 1,5-2 liter air mineral. Jumlah ini cukup untuk menjaga tubuh kamu tetap fit selama beraktifitas selama berpuasa. (pen: um, ed: das)

 #didukung oleh referensi dari berbagai sumber

545 total views, 1 views today