Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

ANTRI TANPA MENGANTRI

Apa yang pertama kali dibayangkan ketika kita disarankan untuk berobat ke rumah sakit? Banyak dari kita malas untuk berobat ke rumah sakit, apalagi rumah sakit besar seperti RSUD atau rumah sakit yang menerima pengobatan dengan jaminan kesehatan pemerintah (BPJS salah satunya), karena harus lama mengantri saat mendaftar maupun menunggu kedatangan dokter. Terutama di hari-hari dan jam-jam padat antrian, seperti pada awal pekan dan pada kisaran pukul 08.00 – 11.00 WIB, dimana lobi ruang tunggu di bagian administrasi akan dipadati oleh pasien yang daftar berobat. Sehingga, tidak sedikit juga masyarakat yang lebih memilih untuk berobat di klinik umum atau langsung ke tempat praktik dokter spesialis di luar spesialis. Pasien termasuk keluarga pasien tentunya akan jenuh menunggu dipanggil antrian, apalagi pasien yang saat itu harus menahan rasa sakit juga.

Tetapi, bayangan itu dapat dihapuskan jauh-jauh jika Anda berobat ke RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, rumah sakit gratis bagi dhuafa. “Kami selalu berupaya untuk membuat pasien dan keluarga pasien merasa beban sakitnya teringankan, salah satunya dengan mempermudah prosedur pendaftaran,” tutur Shifa Fauziah, Koordinator Admission. Berusaha agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan atas waktunya, yaitu agar dokter tidak menunggu pasien di jam praktiknya dan agar pasien tidak berkali-kali mengantri, yakni di pendafataran, di ruang dokter, di apotek, dan di loket administrasi billing, serta agar tidak ada penumpukan pasien di jam-jam tertentu, terutama di pada pukul 08.00 – 11.00 WIB.

antri tanpa mengantri - image (2)

Rumah sakit ini mempunyai alur waktu pendaftaran yang terbagi menjadi 3 jenis, yaitu pendaftaran untuk  hari H, H-1, dan H-7 untuk semua poliklinik. Dengan demikian, seorang pasien yang rutin berobat di RS Rumah Sehat Terpadu DD dapat mendaftar hanya 1 kali seminggu untuk serangkaian pengobatan dalam seminggu. Pendaftaran dibuka setiap hari Minggu pada pekan tersebut, dibuka 24 jam dengan pembagian waktu: pukul 00.00 – 12.00 untuk pendaftaran pasien hari H dan pukul 12.00 – 24.00 untuk pendaftaran pasien H-1 dan H-7. Pasien pun dapat diwakilkan oleh pihak keluarga atau orang yang dipercaya jika ingin mendaftar untuk berobat di H-1 dan H-7, sehingga pasien tidak perlu bersusah payah bolak-balik ke rumah sakit. Metode  ini dirasa sangat mempermudah pasien untuk mendapatkan nomor antrian lebih awal. Bahkan kedepannya, RS Rumah Sehat Terpadu DD berwacana untuk membuka pendaftaran online ataupun pendaftaran via telepon untuk pasien umum. (pen: das)

705 total views, 1 views today

Related posts