Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD

AKREDITASI MENUJU PARIPURNA

BOGOR (19/5) – Survei Akreditasi Standar Versi 2012 RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) telah rampung Kamis (18/5) kemarin. “Tetapi ini bukan berarti langkah kita terhenti disini. Justru ini adalah awal perjuangan kita,” semangat drg. Imam dalam forum Exit Conference Survei Akreditasi kepada rekan-rekan RS RST DD. Menyambut baik poin-poin penekanan hasil evaluasi tim KARS kepada RS RST DD, tentang adanya penyempurnaan di beberapa indikator mutu yang disampaikan oleh dr. Hanun Ernatyaswati, MARS sebagai Ketua Tim Surveior.

Kebersamaan tim pokja akreditasi RS RST DD dengan tim surveior KARS

Kebersamaan tim pokja akreditasi RS RST DD dengan tim surveior KARS

Akreditasi RS versi 2012 sendiri terdiri atas 15 bab / kelompok kerja (pokja), 323 standar, dan 1218 Elemen Penilaian (EP), antara lain: Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Sasaran Millenium Development Goals (MDGs), Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan (APK), Asesmen Pasien (AP), Pelayanan Pasien (PP), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Manajemen Penggunaan Obat (MPO), Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI), Kualifikasi dan Pendidikan Staff (KPS), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengarahan (TKP), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK).

Telusur dokumen manajemen oleh dr. Hanun Ernatyaswati, MARS

Telusur dokumen manajemen oleh dr. Hanun Ernatyaswati, MARS

Telusur dokumen medis oleh dr. Dian Andriani Ratna Dewi, Sp.KK, M.Biomed (AMM), MARS

Telusur dokumen medis oleh dr. Dian Andriani Ratna Dewi, Sp.KK, M.Biomed (AMM), MARS

Kelima belas bab dikelompokan menjadi 3 tim utama, yaitu Tim Medis, Tim Manajemen, dan Tim Keperawatan, yang berturut-turut ditelaah oleh dr. Hanun Ernatyaswati, MARS, dr. Dian Andriani Ratna Dewi, Sp.KK, M.Biomed (AMM), MARS, dan Ibu Rasmanawati, S.Kep, MM sebagai tim surveior dari KARS.

Telusur lapangan oleh Ibu Rasmanawati, S.Kep, MARS di ruang rawat inap

Telusur lapangan oleh Ibu Rasmanawati, S.Kep, MARS di ruang rawat inap

Akreditasi ini merupakan tahapan penting dalam proses peningkatan mutu dan pelayanan RS RST DD. “Kesempatan ini harus kita optimalkan, mengingat ada hal besar yang menanti di hadapan kita, yaitu pengembangan gedung rumah sakit dengan kerja sama Qatar Charity. Tiga hari ini kita jadikan media pembelajaran bagi seluruh komponen rumah sakit, agar visi misi rumah sakit kita dapat terwujud,” tegas drg. Imam Rulyawan, MARS, Direktur Utama RS RST DD.

“RS RST DD betul-betul green hospital. Baik pula melayani kaum dhuafa tanpa membedakan kelas,” kesan dr. Dian Andriani Ratna Dewi, Sp.KK, M.Biomed (AMM), MARS di sela telusur lapangan bersama tim medis dan dr. M. Zakaria (Direktur Pelayanan Medis RS RST DD)

"Seperti bukan rumah sakit. Serasa di villa. Kami berterima kasih sudah disambut dengan sangat hangat," kesan dr. Hanun Ernatyaswati, MARS di sela telusur lapangan bersama tim manajemen dan Ibu Siti Rusmiyati (Direktur Umum dan Keuangan RS RST DD)

“Seperti bukan rumah sakit. Serasa di villa. Kami berterima kasih sudah disambut dengan sangat hangat,” kesan dr. Hanun Ernatyaswati, MARS di sela telusur lapangan bersama tim manajemen dan Ibu Siti Rusmiyati (Direktur Umum dan Keuangan RS RST DD)

Rangkaian kegiatan akreditasi juga dihadiri oleh tokoh penting bagi RS RST DD, yaitu Ketua Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Bapak Ahmad Juwaini dan Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa, Bapak Parni Hadi. “Siapa yang menyangka Dompet Dhuafa dapat membangun rumah sakit ini (RS RST DD), yang justru sekarang semakin menginspirasi kami untuk memperbanyak rumah sakit serupa di seluruh wilayah Indonesia. Rumah sakit wakaf yang merupakan wujud pengelolaan ZISWAF yang berdaya guna bagi umat,” tutur Parni Hadi. Akreditasi RS RST DD dapat menjadi model peningkatan dan pengembangan 13 rumah sakit yang akan berdiri atas kerjasama Dompet Dhuafa dengan para muwakif dan donatur. Ketiga belas rumah sakit tersebut tersebat di Sumatera dan Jawa.

Parni Hadi dan Ahmad Juawaini berfoto bersama Tim Surveyor KARS, Direksi RS RST DD, dan Badan Pengurus Harian Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa

Parni Hadi dan Ahmad Juawaini berfoto bersama Tim Surveyor KARS, Direksi RS RST DD, dan Badan Pengurus Harian Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa

“Semoga paripurna,” pernyataan MF Rifan, Ketua Tim MKI, mewakili harapan seluruh tim pokja akreditasi. Keparipurnaan adalah nilai yang sempurna. Lebih dari itu, keparipurnaan adalah wujud komitmen kami melayani pasien yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien. Peningkatan mutu akan terus dipantau oleh KARS setiap tahunnya sampai lima tahun kedepan. (pen: das)

808 total views, 5 views today

Related posts