Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD
Kmunitas SJB berbagi di ruang rawat inap RS RST DD

SJB: JUMAT ITU HARINYA BERSEDEKAH

SEDEKAH JUMAT (21/7) – Sesuai dengan namanya, komunitas Sedekah Jumat Bogor (SJB) gemar bersedekah dan membuat hari Jumat menjadi lebih spesial dengan bersedekah. Mereka yang tergabung di dalamnya adalah muslim inspiratif, mengajak orang lain untuk gemar bersedekah di hari yang mulia, hari Jumat. Mengingat ada banyak keistimewaan nilai ibadah di hari raya umat muslim ini, seperti dalam hadits:

Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)

Seperti yang dilakukan oleh Wina, salah satu anggota komunitas yang juga seorang ibu rumah tangga, bersama tiga orang ibu lainnya, hari ini adalah kali kedua SJB berbagi di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RS RST DD) setelah 24 Maret 2017 yang lalu.

Menjelang tengah hari, sebuah mobil putih melipir dekat lobi utama rumah sakit. Dari sana, keempat ibu hebat ini menurunkan 180 box paket makan siang yang siap dibagikan kepada pasien dan keluarga pasien yang sedang berobat di RS RST DD. “Alhamdulillah, ada donatur yang menitipkan rezekinya untuk pasien-pasien di sini, Mba,” ujar Bu Wina kepada Tim Humas RS RST DD.

Ada yang senang, ada yang takjub, ada yang terkagum-kagum, ada yang bersyukur sangat, dan ada banyak ekpresi keluarga pasien yang terekam siang itu. Ada juga raut bahagia nampak dari wajah ibu-ibu SJB pada Bu Wina dan kawan-kawan saat mengunjungi ruang rawat inap untuk membagikan ratusan paket nasi langsung kepada penerimanya. Bahagia karena melihat orang lain berbahagia. “Allahuakbar, saya baru kali ini menemui hal seperti ini, di rumah sakit ini. Terima kasih,” seorang bapak keluarga pasien IGD RS RST DD sontak memuji Allah saat menerima sekotak makan siang dari SJB.

SJB dan Tim Humas membagikan paket makan siang kepada keluarga pasien yang sedang menunggu

SJB dan Tim Humas membagikan paket makan siang kepada keluarga pasien yang sedang menunggu

Diinisiasi dari Bojonggede, SJB diprakarsai oleh Rina yang juga seorang ibu rumah tangga, yang memulai dari dirinya sendiri untuk membiasakan diri bersedekah di hari Jumat. Keutamaan sedekah dalam Islam tiada yang memungkiri. Banyak pahala dan hikmah dalam sedekah. Bahkan dalam keadaan sempit pun, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk sedekah, seperti dalam hadits:

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Ya Rasulullah, sedekah apakah yang paling afdhal?’ Jawab Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sedekah yang engkau berikan ketika engkau masih muda, pelit harta, bertumpuk angan-angan untuk hidup mewah, dan takut bangkrut.” (HR. Ahmad dan Nasai)

Dan teruntuk sahabat yang ingin berdonasi untuk keluarga dhuafa seperti SJB, baik itu berupa infaq, sedekah, maupun barang, dapat langsung menyalurkannya ke rekening BNI Syariah 0298 535 912 atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika dan menghubungi tim Humas di nomor 0877 0992 3187 atau 0251 861 8651. Salam #sehatuntuksemua. (pen: das)

386 total views, 2 views today

Related posts