Official Facebook Account of RSTDDOfficial Twitter Page of RSTDDOfficial Instagram Account of RSTDD
Ridwal Kamil menjenguk pasien anak di Ruang Rawat Inap Al Jabbar

RIDWAN KAMIL SILATURAHMI KE RST DOMPET DHUAFA DI KOTA HUJAN

JAMPANG (29/7) – Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RS RST DD) dipilih Ridwan Kamil (RK) sebagai destinasi akhir perjalanan sehariannya di Kota Hujan pada Sabtu kemarin. Ini kali pertamanya bagi Walikota Bandung tersebut mengunjungi rumah sakit wakaf yang memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi dhuafa atau warga yang tidak mampu, yang dikelola oleh Dompet Dhuafa.

Sosok pemimpin Bandung yang berhasil mengumpulkan zakat PNS di Kota Bandung sebanyak 2 milyar per bulan, ini menilai program Dompet Dhuafa memberikan dampak positif yang nyata bagi perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik. Sebelumnya, Pemkot Bandung sendiri bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk membangun ratusan rumah rakyat ramah lingkungan pasca banjir bandang di Garut pada bulan April lalu.

Hujan menyambut hangat kedatangan RK sore itu. Dalam kunjungannya, RK sempatkan menjenguk pasien-pasien di ruang rawat inap. Didampingi oleh Ismail A Said, Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Repulika, dan jajaran direksi RS RST DD, RK melihat ruang-ruang bagain rumah sakit hasil wakaf umat, termasuk yang didonasikan oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat di ruang Al Jabbar dan Al Aziz.Terkesan dengan pelayanan kesehatan yang diberikan, RK menganggap RS RST DD adalah percontohan yang baik dalam hal pengelolaan dana zakat dan wakaf.

Disampaikannya di sela ramah tamah usai berkeliling rumah sakit, “Rumah sakit ini merupakan terobosan hebat. Akan sangat baik jika dapat diduplikasi secara sistematis dan merata di pelosok negeri. Tentunya dengan sistem pengelolaan zakat yang membantu perekonomian fakir miskin. Seperti yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa, sistem keuangan dan operasional dikelola dengan berbasis umat. Outputnya, orang yang tidak mampu tidak usah lagi banyak berfikir untuk berobat., karena ada rumah sakit yang siap melayani.”

Ridwal Kamil bersama Bapak Ismail dan direksi RS RST DD

Ridwal Kamil bersama Bapak Ismail dan direksi RS RST DD

Mengiyakan apresiasi RK kepada DD, Ismail A Said yakin bahwa umat bisa membuat rumah sakit yang serupa dimana saja. Zakat itu hanya sebagian kecil dari harta seorang muslim, tetapi merupakan potensi besar yang tersimpan oleh umat. “Jika kita bisa mengerahkan semua muslim untuk membayar zakat dan ada yang mengelolanya dengan baik, zakat akan memberikan efek nyata yang begitu besar untuk umat, seperti yang dahulu Rasulullah dan para sahabat lakukan,” sambungnya. (pen: das)

127 total views, 1 views today

Related posts